Makanan Tepat untuk Kesehatan Kulit

Cara Alami Jaga Kulit Tetap Halus dan Berkilau

Jika kita rela merasakan sakit hanya untuk mempercantik wajah, sebaiknya hapus pikiran itu sekarang juga! Karena sebenarnya, kita hanya perlu makanan tepat untuk menjaga kesehatan kulit.  Plus menyehatkan kulit dengan makanan akan menghemat pengeluaran kita, serta menyelamatkan diri dari jarum suntik yang panjang.

Jadi, mari makan dan nikmati tampilan cantik selamanya dengan mengikuti trik berikut ini:

Cintailah Vitamin C. Dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan mengenai kesehatan kulit, suplai vitamin C yang cukup akan `mengawetkan’ kecantikan kita. Masih perlu bukti ilmiah? Jenny Kim MD., PhD., asisten profesor dermatologi klinis dari David Geffen School of Medicine di UCLA, mengungkapkan salah satu mahasiswanya pernah melakukan penelitian klinis untuk melihat hubungan jeruk dengan kemilau kulit.

Penelitian ini dilakukan pada 2007 lalu dengan melibatkan 4025 perempuan. Mereka diamati bagaimana kecukupan vitamin C-nya. Hasilnya, responden yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi dalam tubuh ternyata tidak mengalami keriput dan kulit kering.

Sumber utama dari vitamin C pada penilitian ini adalah jeruk, jeruk nipis, dan tomat. Tertarik untuk mencoba? Setiap hari konsumsilah 2 buah jeruk atau 4 buah tomat berukuran besar.

Ganti Minyak Kelapa Sawit dengan Minyak Zaitun : Dermatolog asal New York, Macrene Alexiades-Armenakas, mengungkapkan rahasia cantik wanita mediterania adalah karena mereka selalu menggunakan minyak zaitun pada makanan.

“Minyak zaitun tak hanya kaya akan antioksidan tapi juga membantu tubuh mengeluarkan racun-racun,” ucapnya. Bonus tambahannya, lemak yang ada di dalam minyak zaitun akan melembapkan kulit, rambut, dan kuku kita.

Suplemen Minyak Ikan Bisa Membantu Produksi Kolagen
: Thea Singer, penulis buku Stress Less : The new science that shows women how to rejuvenate the body and the mind, bercerita betapa dirinya sangat terkejut atas penelitian mengenai khasiat minyak ikan bagi proses penuaan kulit.

Dalam Journal of the American Medical Association, diungkapkan, responden yang mengonsumsi suplemen minyak ikan ternyata memiliki rantai telomere yang pendek. Ini adalah rantai yang menentukan seberapa cepat kita akan masuk ke dalam proses penuaan. Singer menjelaskan, telomere ada di ujung kromoson kita.

“Jika rantainya pendek maka bagi kulit itu berarti produksi enzim kolagen dan elastin bisa dimaksimalkan. Keduanya adalah zat yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal tanpa keriput. Selain dalam bentuk kapsul suplemen, manfaat yang sama juga bisa kita nikmati dari konsumsi ikan salmon.

Buat banyak warna pada makanan yang akan kita nikmati: Mengapa? Sebab semakin banyak warna yang ada pada piring makanan kita maka semakin tinggi total antioksidan yang akan dinikmati tubuh. Ini diamini oleh Michael Roizen, MD., coauthor You: Staying Young.  Dan sudah dapat dipastikan, makanan yang penuh warna akan bersumber pada buah serta sayuran.

“Ini adalah makanan yang paling tepat untuk kulit kita, mulai dari serat, vitamin, dan antioksidan yang ada di dalamnya akan menyempurnakan kecantikan kita.”

Ayo jangan berpikir singkat setiap kali ingin menjaga kecantikan wajah. Pilih solusi yang long lasting, seperti 4 trik di atas yang tak hanya akan membuat kita tetap awet muda tapi juga menyempurnakan bentuk tubuh kita.

(Sumber: Prevention Indonesia).