Manfaat Alpukat

Alpukat tidak hanya lezat untuk dijadikan campuran es teler atau es campur. Tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang masih ‘satu saudara’ dengan berry ini kaya akan lemak sehat dan tak jenuh yang membantu proses pembakaran lemak berlebih serta memperkuat struktur dinding sel. Ini sejumlah khasiat lain dari alpukat.

1. Alpukat Mengandung Potassium Lebih Banyak dari Pisang
Selama ini potassium lebih diketahui banyak terkandung dalam pisang. Tapi alpukat ternyata memiliki potassium yang lebih tinggi. Dalam satu butir alpukat, terdapat 975 miligram potassium sementara pisang (ukuran sedang) hanya setengahnya, sekitar 487 miligram. Potassium merupakan jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Salah satu jenis elektrolit ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah serta membantu kesuburan, fungsi otak dan syaraf.

2. Alpukat Buah Berprotein Tinggi
Satu butir alpukat memiliki empat gram protein, menjadikannya sebagai buah yang paling tinggi kandungan proteinnya. Protein pada alpukat pun merupakan protein sehat yang tidak mengandung lemak trans, lemak jenuh dan mudah dicerna. Jadi jika Anda vegetarian atau menghindari protein hewani, alpukat bisa dijadikan pilihan. Campurkan pada salad, sandwich atau sushi.

3. Pengganti Butter yang Lebih Sehat
Butter dan mentega cenderung berkalori dan berlemak tinggi. Jika Anda ingin membuat kue sehat, bahan tersebut bisa digantikan oleh alpukat. Buah ini memiliki tekstur yang creamy dan lemak sehat. Menghasilkan rasa yang enak tapi juga sehat. Anda tidak harus menghilangkan penggunaan butter sama sekali. Cukup kurangi hingga setengahnya, lalu gantikan dengan alpukat. Chocolate chip cookies, brownies atau muffin pun jadi lebih sehat.

4. Untuk Merawat Kecantikan
Alpukat juga berkhasiat untuk merawat kecantikan. Buah ini bisa dijadikan perawatan rambut dan kulit harian Anda. Alpukat mengandung antioksidan, asam amino dan minyak esensial yang membantu memperbaiki kerusakan rambut, melembabkan kulit kering, merawat kulit yang terbakar matahari bahwa menyamarkan pori-pori. Lumatkan alpukat hingga menjadi pasta, lalu balurkan pada bagian yang Anda inginkan dan biarkan selama 10-15 menit.

5. Buah Alpukat ada lemak nabati tinggi yang tak jenuh.
Lemak nabati pada buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah (LDL). Artinya buah ini dapat mencegah penyakit jantung, penyakit stroke, Kanker atau darah tinggi. Di samping itu, adanya lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan bakteri. Lemak tak jenuh pada alpukat juga tidak sulit dicerna tubuh sehingga bisa memberikan hasil maksimal pada tubuh.

Meskipun sehat, tetap batasi konsumsinya karena alpukat termasuk tinggi kalori. Cukup konsumsi setengah buah alpukat dan dimakan secara mentah. Tanpa campuran gula, sirup, susu kental manis atau bisa dijadikan campuran salad.