Manfaat Buah Bit Melebihi Rutinitas Olahraga

Orang yang mengalami kecapean, kurang tidur atau penurunan stamina biasanya karena oksigen di dalam tubuhnya juga berkurang. Untuk mengembalikan cadangan oksigen yang hilang bisa dengan […]

Orang yang mengalami kecapean, kurang tidur atau penurunan stamina biasanya karena oksigen di dalam tubuhnya juga berkurang. Untuk mengembalikan cadangan oksigen yang hilang bisa dengan mengonsumsi jus bit yang bisa membuat stamina Anda kembali prima. Konsumsi jus bit harian, menurut peneliti, bahkan bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

Just bit, terang peneliti, menunjukkan hasil yang mencengangkan karena manfaatnya melebihi rutinitas olahraga teratur di bawah pengawasan pelatih profesional. Dan meskipun rasanya mungkin tidak bisa memuaskan selera Anda, dampaknya bisa dirasakan oleh semua orang, mulai dari atlet hingga pensiunan yang bahkan tidak punya cukup energi untuk berjalan ke supermarket. Buah bit atau juga dikenal dengan akar bit atau bit merah merupakan salah satu varietas Beta vulgaris. Tanaman ini berupa akar mirip umbi-umbian yang berwarna merah dan paling sering ditemui di Amerika Utara dan Inggris. Meski begitu, tanaman ini sudah banyak dijual di Indonesia terutama di supermarket-supermarket.

Studi yang dilakukan peneliti dari University of Exeter’s School of Sport and Health Sciences menunjukkan bahwa segelas jus bit bisa membantu meningkatkan kembali stamina sebesar 16 persen. Menurut peneliti, kandungan nitrat dalam jus bit dapat membantu tubuh mengembalikan cadangan oksigen. Kekurangan oksigen inilah yang membuat tubuh merasa lelah dan tak bertenaga. ”Kami kagum dengan efek dari jus bit pada penyerapan oksigen karena efek ini tidak dapat dicapai dengan cara lainnya, termasuk latihan”, jelas Prof Andy Jones, pemimpin studi dari University of Exeter’s School of Sport dan Ilmu Kesehatan, seperti diberitakan Telegraph, Senin (14/2/2011).

Menurut Prof. Jones, atlet profesional dan pekerja yang membutuhkan tenaga ekstra akan tertarik dengan hasil penelitian ini.
“Saya juga tertarik untuk mengeksplorasi relevansi temuan kepada orang-orang yang menderita kekurangan energi dan mungkin dapat menggunakan jus bit untuk membantu mereka menjalani kehidupan sehari-hari,” lanjut Prof. Jones. Tim peneliti percaya bahwa nitrat dalam jus bit bisa berubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh, sehingga mengurangi ‘biaya oksigen’ yang berhubungan dengan olahraga. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada Journal of Applied Physiology.

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School menemukan bahwa jus bit juga dapat menurunkan tekanan darah.

Oksigen
Dalam studi ini, para peneliti melibatkan delapan laki-laki muda sehat untuk melengkapi rangkaian tes bersepeda. Mereka diminta melakukan dua kali tes bersepeda, setelah minum jus bit sekali sehari selama 6 hari dan setelah minum blackcurrant cordial (minuman yang terbuat dari sejenis berry). Studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology ini melaporkan, setelah minum jus bit, partisipan menggunakan lebih sedikit oksigen saat diminta bersepeda dengan kecepatan lambat. Hal ini menunjukkan, terang peneliti, kalau otot-otot mereka bisa melakukan kerja dalam jumlah yang sama dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Saat diminta bersepeda dengan jarak sesuai kemampuan, partisipan bisa mengayuh beberapa menit lebih lama dibandingkan saat sebelum minum jus bit.

Efek Nitrat
Setelah minum jus bit, lanjut peneliti, partisipan mengalami penambahan stamina sebesar 16%. Artinya, mereka yang biasanya kehabisan energi setelah jogging selama 1 jam mendapat ekstra waktu 10 menit. Selain itu, mereka bisa mencapai jarak yang sama dalam waktu yang lebih cepat. ”Kami sangat terkejut dengan efek jus bit dalam pengurangan pengeluaran oksigen, karena efek ini tidak bisa diperoleh dengan cara lain, termasuk program olahraga,” tutur salah seorang peneliti Andy Jones, seperti dikutip situs dailymail. Tentu saja Anda akan lebih fit setelah berolahraga, tetapi penggunaan oksigen Anda tetap sama.

Manfaat ini, terang peneliti, disebabkan oleh kandungan nitrat yang tinggi dalam jus bit. Zat kimia ini, menurut peneliti, juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti kol dan bayam, khususnya pada konsentrat jus. ”Meskipun studi ini menggunakan jus bit yang dijual di pasaran, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi jus yang dibuat di rumah,” terang Jones.

Tahukah Anda bahwa segelas jus buah bit ternyata mampu meningkatkan stamina Anda? Ya, mengkonsumsi satu gelas jus buah bit setiap hari dapat menjaga tubuh Anda tetap fit tanpa harus bersusah payah melakukan olahraga ke gym ataupun jogging.

Kandungan Nutrisi Buah Bit
Buah bit mengandung karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi dan zat besi. Hal ini membantu memperlancar aliran oksigen ke otak sehingga membantu keseimbangan cairan dalam tubuh.

Selain itu, buah bit juga mengandung beberapa zat lain, di antaranya adalah:

•    Asam folat, berfungsi untuk mengganti sel tubuh yang rusak. Selain itu asam folat juga baik untuk ibu hamil yang berperan dalam pembentukan otak pada bayi.
•    Serat
•    Zat besi
•    Kalium
•    Vitamin C
•    Magnesium
•    Fosfor, berguna untuk memperkuat tulang
•    Tembaga, berfungsi membentuk sel darah merah
•    Betasianin, dapat berfungsi untuk mencegah penyakit kanker
•    Tripofan
•    Caumarin yang berfungsi sebagai pencegah tumor.

Lebih lengkap, berikut manfaat buah bit:
•    Anti kanker
Betasianin merupakan pigmen yang terkandung dalam buah bit. Pigmen ini bermanfaat untuk mencegah kanker, karena dapat menghancurkan sel tumor dan kanker.
•    Mencegah penyakit stroke
•    Mencegah penyakit jantung
•    Menurunkan kolesterol
•    Membersihkan racun dalam tubuh
•    Memperkuat daya tahan tubuh
•    Mengobati infeksi dan radang
•    Menghasilkan energi bagi tubuh
•    Memperpanjang usia, karena buah bit mampu mencegah berbagai penyakit dan memperkuat sistem imun.

Membuat Jus Buah Bit
Cara mengolah buah bit sangat mudah. Pertama, cuci terlebih dahulu buah bit yang akan digunakan untuk membuat jus. Kemudian kupas kulitnya dan potong-potong. Setelah itu, masukkan ke dalam alat penghalus seperti blender dan tambahkan sedikit air. Bila telah selesai diblender, saring airnya dan jus buah bit siap untuk dikonsumsi. Orang yang mengalami kecapekan, kurang tidur atau penurunan stamina biasanya karena oksigen di dalam tubuhnya juga berkurang. Untuk mengembalikan cadangan oksigen yang hilang bisa dengan mengonsumsi jus bit yang bisa membuat stamina Anda kembali prima.

(Suara Media)

Artikel Terkait: