Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

Ikan lele biasanya kalah populer dibanding dengan salmon, tuna, atau ikan sarden. Padahal, di Indonesia jenis ikan lele lebih mudah ditemukan dibanding berbagai ikan lainya. Masalah kandungan gizi pun ikan lele tak kalah dengan ikan mahal seperti salmon. Ikan lele mempunyai ciri-ciri khas dengan tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang serta mimiliki sejenis kumis yang panjang, mencuat dari sekitar bagian mulutnya.

Sebagian jenis lele telah dibiakkan orang, namun kebanyakan spesiesnya ditangkap dari populasi liar di alam. Lele dumbo yang populer sebagai ikan ternak, sebetulnya adalah jenis asing yang didatangkan (diintroduksi) dari Afrika. Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap.

Manfaat lele bagi kesehatan juga banyak, sebab kandungan nutrisi lele sangat tinggi. Ikan lele mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis produk hewani lainnya, berikut ini adalah manfaat kesehatan yang dikandung oleh ikan lele :

Ikan lele kaya akan kandungan Leusin dan LisinLeusin (C6H13NO2) adalah asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Sementara Leusin berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot.

Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan. Asam amino ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Selain itu, Lisin juga bermanfaat untuk melindungi anak dari cold sore dan virus herpes

Asam lemak omega 3 Lele juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, seperti salmon. Nutrisi tersebut terkenal manfaatnya untuk kesehatan jantung serta otak manusia. Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Protein Setidaknya ada 15,6 gr protein pada 1 ekor lele ukuran sedang. Jumlah tersebut memadai untuk kebutuhan protein seseorang yang ingin membangun massa otot. Jadi, jika ingin memiliki tubuh padat berotot, maka konsumsi ikan lele bisa jadi salah satu solusinya.

Vitamin B 12 Lele juga memiliki kandungan vitamin B 12. Vitamin ini berguna untuk membuat Anda lebih berstamina, dan tak cepat capek. 1 ekor lele bisa memenuhi paling tidak 40% kebutuhan vitamin B12 Anda.

(berbagai sumber)

.