Manfaat Konsumsi Beras Merah

Selama ini kita mengonsumsi beras putih sebagai makanan utama. Tapi, dibandingkan beras putih, beras merah memiliki kandungan manfaat lebih banyak. Meski sedikit mahal, keuntungan yang di dapat bagi kesehatan sangat sebanding dengan harganya.

Beras merah merupakan makanan favorit bagi mereka yang sedang menjalankan diet penurunan berat badan. Namun lebih dari itu, mengonsumsi beras merah juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain. Berikut manfaat kesehatan mengonsumsi beras merah :

Antioksidan

Beberapa penelitian sekarang telah membuktikan bahwa beras merah mengandung banyak sifat antioksidan. Hal ini karena beras merah memiliki fitonutrien yang menjadikannya sebagai makanan sehat sampai saat ini. Antioksidan dalam beras merah mempunyai beberapa manfaat untuk mencegah penyakit dan memperlambat proses penuaan.

Kaya vitamin B6

Satu porsi beras merah memiliki 23 persen vitamin B6. Beras ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Bahkan, beras merah membantu dalam fungsi yang tepat dari organ-organ dalam tubuh.

Kurangi risiko diabetes

Beras merah merupakan sumber makanan yang kaya akan magnesium. Ini merupakan mineral yang bekerja sama dengan 300 enzim, termasuk enzim yang terlibat dalam penggunaan glukosa tubuh dan sekresi insulin. Hal ini menjadikan beras merah sebagai gandum yang menyediakan sumber kaya karbohidrat, sehingga baik untuk tubuh dibandingkan karbohidrat dari padi olahan.

Menurunkan kolesterol

Beras merah memiliki bagian dedak, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak dedak ditemukan dalam beras merah yang pada gilirannya membantu mencegah risiko penyakit jantung. Konsumsi beras merah minimal seminggu sekali untuk dapatkan manfaatnya.

Baik untuk tulang

Beras merah kaya akan magnesium yang dikenal untuk membantu mengatur saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium. Selain itu, magnesium dan kalsium juga diperlukan untuk kesehatan tulang. Sementara itu, sekira dua pertiga dari magnesium pada tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita.

Baik untuk bayi dan anak

Sereal beras merah adalah makanan pertama bayi yang sempurna, karena mengandung padat nutrisi alami dan serat. Perkembangan pesat bayi dan anak membutuhkan diet kaya nutrisi untuk membantu mempertahankan pertumbuhan yang pesat. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa beras merah mengurangi risiko asma pada anak-anak hingga 50 persen. (berbagai sumber)