Osteoporosis

Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Osteoporosis? Ya, Osteoporosis pastinya sangat anda ketahui karena penyakit ini sering dialami oleh orang sekitar kita dan umumnya Osteoporosis dialami oleh orang yang sudah memasuki usia lanjut.

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Osteoporosis sering disebut juga sebagai “Tulang Keropos”, Penyakit Osteoporosis memang dapat menyerang siapa saja namun yang memiliki kemungkinan lebih besar terkena Osteoporosis adalah wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Bagian Tulang yang rentan terkena Osteoporosis diantaranya : Tulang punggung, Tulang jari tangan, Tulang pangkal paha. Tulang mengandung beberapa mineral yaitu kalsium dan fosfat.

Penyebab Osteoporosis

Secara umum penyakit osteoporosis disebabkan karena kurangnya kadar kalsium dalam kadar makanan yang di konsumsi sehari-hari sehingga secara perlahan darah mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan 1% kalsium dalam darah selain juga dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat sejak muda seperti merokok, makan-makanan junk food, minuman beralkohol serta jarang berolah raga yang akan mempercepat proses penurunan kepadatan tulang.

Gejala Osteoporosis

Gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita Osteoporosis, antara lain :

  • sering mengalami sakit punggung dan pinggang
  • kehilangan tinggi badan
  • kelainan bentuk tulang belakang seperti kyphosis (badan mulai bungkuk)
  • Postur kaki mulai bengkok biasanya berbentuk O
  • Osteoporosis dapat terjadi pada setiap tulang Anda, tetapi yang paling umum di pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang, juga disebut tulang belakang anda

Osteoporosis memang bukan penyakit yang dapat menyebabkan kematian mendadak, namun Osteoporosis merupakan penyakit yang sangat membuat kita menjadi terhambat untuk melakukan aktifitas. Sebelum Osteoporosis menyebabkan akibat yang lebih buruk lagi, segera atasi sekarang juga.

Pada umumnya penyakit ini menghampiri wanita usia 65 tahun, dan pria yang memasuki usia 70 tahun. Kenyataannya, sebelum mencapai usia tersebut banyak orang yang sudah terlihat berjalan membungkuk, atau mengalami gangguan tulang lainnya.

Ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kepadatan tulang, yakni sebagai berikut:

Penuhi dosis kalsium

Rendahnya tingkat kalsium dalam tubuh meningkatkan resiko osteoporosis. Nasional Osteoporosis Foundation merekomendasikan 1000 mg kalsium setiap harinya untuk dikonsumsi orang dewasa dibawah usia 50 tahun. Dan 1200 mg kalsium bagi mereka yang berusia 50 tahun atau lebih. Pilihan sumber kalsium lain adalah sereal dan sayur brokoli.

Vitamin D

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan vitamin D dengan cukup, maka tubuh akan kesulitan menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, untuk memastikan tubuh bernar-benar merasakan manfaat dari kalsium harian, Anda bisa menambahkan asupan vitamin D.

Sumber alami vitamin D seperti kuning telur, susu, ikan laut, keju, dan hati. Atau paparan sinar matahari langsung selama kurang lebih 10 menit. Michael Holick, seorang peneliti dariBoston University, merekomendasikan kegiatan berjemur setiap hari.

Olahraga

Menurut Mayo Clinic, berolahraga secara teratur dapat menjaga kepadatan tulang. Anda dapat memilih latihan ringan seperti naik turun tangga, jalan santai, dan jogging. Olahraga ini membantu menjaga kepadatan tulang bagian atas dan punggung.

(berbagai sumber)