• -6.153636, 106.792756

16 Makanan Pereda Stress

16 Makanan Pereda Stress

16 Makanan Pereda Stress

Makanan & Minuman Anti Stress
Stres tak akan pernah dapat dihindari. Walaupun stres dapat membuat seseorang agar senantiasa sadar diri, namun stres berkepanjangan tidak baik bagi kesehatan mental.

Setiap orang punya triknya sendiri untuk menghilang segala kepenatan yang mereka alami. Ada yang langsung mengunyah cokelat, menulis buku harian atau blog, telepon sahabat, atau bahkan berolahraga. Tapi tahu kah Anda, ternyata ada beberapa makanan dan  minuman yang juga bisa menjadi ‘obat penenang’ yang ampuh.

Berikut beberapa makanan dan minuman untuk meredam stress:

1. Buah yang dikeringkan dan kacang-kacangan.
Kacang hazelnut, almon, kismis dan aprikot kering merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin B, magnesium dan selenium yang merupakan pereda stress dan bahan alami untuk relaksasi otot.  Dalam almon misalnya, terdapat vitamin B2 dan E yang mampu melawan stres dengan maningkatkan sistem kekebalan. Kemudian, kismis yang kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, potasium, fosfat, vitamin B1 dan B6. Selain itu, buah kering dan kacang-kacangan merupakan asupan yang diperuntukkan untuk gigi karena kandungan serat dan  gula yang sedikit.

2. Walnut dan Kenari Hijau
Walnut dan kenari hijau membantu menurunkan tekanan darah.

3. Ubi.
Saat stres tubuh membutuhkan lebih banyak karbohidrat dan gula. Ubi mengandung karbohidrat, gula, betkaroten, berbagai vitamin, dan juga serat yang dapat membantu tubuh Anda untuk memproses karbohidrat secara perlahan.

4. Pisang.
Mengonsumsi buah kuning satu ini akan memberikan dampak yang sangat baik pada saat kita merasa gelisah. Pisang memiliki kandungan vitamin A, semua jenis vitamin B dan menawarkan 20% dari jumlah kebutuhan vitamin C hariaan yang disarankan. Pisang juga memuat berbagai mineral bermanfaat seperti, zat besi, kalsium, potasium dan magnesium. Makanan murah ini sangat mudah dicerna oleh tubuh serta rasanya yang manis bisa menjadikannya kudapan lezat di siang hari.

5. Jeruk.
Jeruk yang kaya vitamin C dapat mengurangi rasa stres. Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi stres dan mengambalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal setelah situasi penuh tekanan.

6. Alpukat.
Lemak tak jenuh tunggal dan potasium dalam alpukat membantu menurunkan tekanan darah. The National Heart, Lung, and Blood Institute mengatakan bahwa salah satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi cukup kalium.

7. Madu
Pemanis alami ini memiliki berbagai macam vitamin dan kaya akan antioksidan. Madu dapat membantu proses pembaharuan sel, melawan keletihan dan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memiliki antibiotik dan anti peradangan. Manis dan lembutnya madu mampu memberikan efek tenang dan melengkapi kita dengan pendorong energi.

8. Segelas susu
Mengandung tryptophan, yang akan dicerna tubuh dan diubah menjadi serotonin atau hormon peningkat mood. Plus, kandungan kalsium, magnesium, dan potassium mampu menurunkan tekanan darah kita.

9. Cokelat panas
Minuman hangat secara otomatis akan meningkatkan suhu tubuh, dimana hal yang sama juga terjadi ketika kita merasa nyaman. Dan respon yang sama diberikan kepada otak kita.

10 Teh hitam
Studi yang dilakukan oleh University College London menemukan menyeruput teh hitam sebanyak 4 kali sehari, selama 6 minggu dapat menurunkan hormone ‘stres’ kortisol setiap kali kita usai menghadapi stres.

11. Teh hijau
Sudah dikemas lengkap dengan kandungan theanine, yang berfungsi membantu otak mengeluarkan ‘perintah’ rileks, dengan mendorong gelombang alpha, dan mengurangi reaksi tegang dengan membuat gelombang beta.

12. Segelas air dingin
Setelah meminum segelas air dingin lalu pergilah berjalan kaki ke luar sesaat. Air akan membuat darah kita bergerak, dan udara di luar akan memberikan efek menyegarkan dengan menstimulasi hormon endorphin yang mampu meredam stres yang kita alami.

13. Daging Kalkun
Daging kalkun mengandung asam amino yang disebut L-tryptophan yang memiliki efek menenangkan. Asam amino itu memicu pelepasan serotonin, bahan kimia dalam otak untuk perasaan baik. Ini alasan mengapa banyak orang yang mengonsumsi daging kalkun merasa rileks.

14. Salmon
Diet tinggi asam lemak omega-3 melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sebuah studi dari Diabetes & Metabolismmenemukan bahwa omega-3 menjaga hormon stres kortisol dan adrenalin stabil.

15. Bayam
Kondisi kekurangan magnesium bisa menyebabkan migrain dan kelelahan. Satu cangkir bayam menyediakan 40 persen kebutuhan magnesium harian Anda.


16. Sayuran Berwarna Hijau
Brokoli, kale, dan sayuran hijau gelap lainnya adalah vitamin pembangkit yang membantu menjaga tubuh pada saat stres.

(Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>