Sakit Kepala Mendadak, Tanda 8 Penyakit Serius

Seringkali kita mengabaikan sinyal tubuh dan ternyata itu merupakan gejala penyakit yang serius. Contohnya, sakit kepala memang bisa disebabkan stres, gangguan mata, kurang tidur, dehidrasi, atau terlalu banyak minum kopi. Tapi, serangan sakit kepala mendadak dan sakitnya benar-benar tak tertahankan merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi dengan kesehatan. Ada rasa sakit yang tidak perlu dirisaukan, tapi ada pula yang merupakan sinyal penting dan tidak boleh diabaikan.

Mengalami sakit kepala yang sangat hebat secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh. Dr Anrich Burger menjelaskan ada delapan kemungkinan indikasi ketika Anda merasakan sakit di kepala, seperti dikutip dari Health 24.

1. Stroke
Sakit kepala datang secara tiba-tiba, seringkali diikuti dengan rasa sakit di belakang salah satu mata. Jika mengalami kejadian ini, disarankan berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin, paling lama 3 jam setelah serangan. Tidak mudah memang menjelaskan gejala stroke secara umum, tapi biasanya sakit akan disertai satu atau beberapa bagian tubuh yang tiba-tiba sulit digerakkan.

2. Infeksi Bakteri
Sakit kepala hebat secara mendadak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri seperti meningitis. Selain sakit, pasien juga merasakan lehernya kaku, mual, muntah dan lesu. Segera datang ke ruang gawat darurat agar segera diberi penanganan dokter.

3. Glaukoma
Glaukoma adalah salah satu jenis penyakit mata, yang secara berangsur-angsur menyebabkan pandangan mata semakin berkurang hingga akhirnya buta jika tidak mendapatkan pengobatan dengan segera. Salah satu gejalanya adalah sakit kepala tiba-tiba yang terasa ‘tajam’. Sakit kepala juga kerap diikuti dengan pandangan yang agak kabur.

4. Sakit Kepala Cluster
Biasanya lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Sakit kepala cluster kerap terjadi di malam menjelang pagi dan biasanya dipicu oleh stres. Ditandai dengan rasa sakit yang sangat parah di satu sisi kepala, bisa berlangsung satu menit atau dua jam sekali. Segera cari bantuan medis jika mengalami sakit yang mengganggu ini.

5. Trauma
Sakit kepala bisa disebabkan karena trauma pada tubuh akibat benturan keras. Umumnya kerap dialami seseorang yang pernah mengalami keretakan atau patah tulang. Sakit kepala kerap diikuti dengan hilangnya kesadaran. Jika mengalami ini, pasien harus segera diberi penanganan medis.

6. Trigeminal Neuralgia
Disebut juga peradangan pada syaraf. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis untuk perawatan yang lebih terfokus.

7. Temporal Arteritis
Suatu peradangan pada arteri besar yang berhubungan dengan arteri dari otot, mata dan jaringan. Pada umumnya lebih banyak terjadi pada wanita. Ditandai dengan sakit yang berdenyut dan hebat di salah satu sisi kepala. Rasa sakitnya semakin bertambah apabila disentuh.

8. Keracunan
Keracunan karbon monoksida bisa menyebabkan rasa sakit yang menusuk pada kepala. Apabila serangan ini terjadi, segera bawa penderita ke tempat terbuka dan berventilasi bagus. Segera bawa ke rumah sakit dan biasanya akan diberikan suplai oksigen sebagai pertolongan pertama.

Sumber : detik