Sering pipis di kolam renang? ini bahayanya!

Apakah anda salahsatu dari orang yang sering melakukannya? Beberapa orang menganggap tak sengaja pipis di kolam renang tak akan masalah asal tidak terlalu banyak. Toh kadarnya tak seberapa dibanding air kolam yang melimpah, itu mungkin jawaban yang akan kita dengar jika ada pertanyaan soal pipis di kolam renang.  Namun para ilmuwan memastikan pipis di kolam bisa bahaya!

Para ilmuwan dari China Agricultural University dan Purdue University mengungkap dalam penelitian terbarunya, senyawa dalam air kencing bisa memicu reaksi kimia yang berbahaya saat bertemu dengan klorin. Biasanya, klorin digunakan sebagai penjerih kolam renang.

“Jika para perenang menghindari pipis di kolam renang, kualitas air dan udara akan meningkat,” tulis para ilmuwan dalam jurnal Environmental Science & Technology seperti dikutip dari Dailymail.

Dalam serangkaian eksperimen di laboratorium, para ilmuwan mencampur sampel air kolam renang di China dengan senyawa tertentu yang juga ditemukan dalam air kencing. Senyawa yang dimaksud adalah asam urat, yang membentuk 24-68 persen cyanogen chloride di kolam renang.

Analisis di laboratorium menunjukkan bahwa klorinasi asam urat banyak menyumbang pembentukan cyanogen chloride di kolam renang. Senyawa hasil reaksi kimia tersebut bisa mempengaruhi organ-organ penting seperti paru-paru, jantung, dan sistem saraf pusat melalui pernapasan.

“Mengingat keberadaan asam urat dalam kolam renang berhubungan dengan pipis yang disengaja oleh para perenang, temuan ini menekankan manfaat penting yang bisa didapat dengan meningkatkan kebiasaan bersih sebagai bagian dari kebiasaan para perenang,” tambah peneliti.

Sebelumnya, paparan trichloramine di kolam renang dikaitkan juga dengan penurunan fungsi paru-paru pada perenang dewasa. Keluhan lain yang juga dipicu oleh senyawa dalam kolam renang adalah mata gatal, hidung meler, dan suara hilang pada penjaga kolam renang. Temuan tersebut dimuat dalam Environmental Health News. (detikhealth)