Tips Menghindari Mata Nyeri Karena Gadget

Pesatnya perkembangan teknologi akhir-akhir ini membuat lahirnya gadget baru bermunculan secara cepat. Sifat konsumerisme masyarakatlah yang mendorong lahirnya gadget baru tersebut, dan akan berusaha untuk mendapatkannya. Setelah didapatkan biasanya orang tersebut akan rela menghabiskan berjam-jam waktu untuk berinteraksi dengan gadget itu.

Tanpa kita sadari gadget yang kita miliki berpotensi menyakiti mata kita. Dari hari ke hari, jam demi jam yang kita lalui untuk berinteraksi dengan gadget tersebut dapat menyebabkan otot mata menjadi lebih mudah lelah, berair dan bahkan dapat menyebabkan mata nyeri karena radiasi yang ditimbulkan dari layar monitor.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghindari agar mata tetap segar saat berinteraksi dengan gadget.

1. Sering Mengedipkan Mata
Mata harus berkedip 2-3 kali mata normal saat berinteraksi dengan gadget. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekeringan pada mata. Usahakan untuk tidak memaksakan mata untuk terus bekerja pada saat mulai terasa lelah.

2. Triple 20
Usahakan setiap 20 menit setelah berinteraksi dengan gadget, coba lihat objek yang berjarak sejauh 20 kaki selama 20 detik dengan pandangan diarahkan ke objek yang berbeda-beda.

3. Konsultasikan ke Dokter
Untuk orang yang kegiatannya membutuhkan waktu yang panjang di depan monitor, sebaiknya meminta saran ke dokter untuk menggunakan lensa anti radiasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari mata menjadi selinder karena tuntutan pekerjaan.

4. Sesuaikan Kondisi Cahaya Ruangan
tujuannya adalah untuk menghindari mata dari sorotan langsung monitor, sehingga mata tidak akan terasa cepat lelah.

(Beberapa Sumber).