Vitamin D Pada Ikan Dan Telur Bisa Mengurangi Nyeri Kram Perut Pada Waktu Haid

Untuk wanita yang masih dalam usia produktif mengalami kram perut pada saat haid adalah hal yang paling tidak menyenangkan bukan?.  Beberapa wanita biasanya meminum obat untuk meredakan kram perut tersebut. Sekarang, anda sudah bisa sedikit lebih lega karena berdasarkan penelitian dan telah di uji coba bahwa “ikan dan telur” dapat mengurangi rasa nyeri pada saat terjadi kram perut.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh  Dr. JoAnn Manson Kepala Divisi Preventative Madicine di Harvard yang juga bekerjasama dengan Brigham’s and Women’s hospital mengatakan Vitamin D yang terkandung di dalam ikan dan telur dapat mengobati kram perut pada saat menstruasi.

Penelitian dilakukan terhadap 40 wanita dengan usia 18-40 tahun, setengah dari mereka diberi makan ikan dan telur selama lima hari sebelum dimulainya penelitian. Setelah dua bulan, hasil penelitian dilaporkan bahwa wanita yang memakan ikan dan telur tadi mengalami penurunan rasa nyeri hingga 41 persen dibanding dengan wanita yang lain.

Manson menjelaskan bahwa, ada kemungkinan makan ikan dan telur yang kaya akan vitamin D dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena makanan melewati prostaglandin. Kemudian vitamin D akan masuk kedalam otot rahim dan memberi rasa rileks.

Namun para ahli juga mengingatkan, bahwa makanan yang digunakan dalam studi ini mengandung 300.000 unit vitamin D. Suatu lembaga direkomendasikan untuk menganjurkan konsumsi vitamin D sebanyak 600 IU per hari dan selanjutnya akan direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D sebanyak 400 IU per hari.

Studi terbaru menyebutkan telah ditemukan potensi resiko yang terkait dengan tingkat asupan makan ikan dan telur yang tinggi. Dalam Journal of American Medical Association menemukan kemungkinan adanya hubungan antara banyaknya konsumsi makanan mengandung vitamin D dengan peningkatan resiko patah tulang pada wanita lanjut usia.

Sementara itu dalam tulisan ilmiah di American Journal of Cardiology disebutkan bahwa ikan dan telur yang mengandung vitamin D dapat membantu mengurangi terjadinya resiko peradangan pada jantung. (sumber : Detik Food)