Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh ini sering sekali diolah sebagai campuran beberapa bahan masakan di Indonesia seperti garang asam, dan beberapa masakan sedap lainnya. Banyak sekali manfaat belimbing wuluh, terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Bagi anda yang menginginkan sehat dan cantik alami bisa mengkonsumsi buah belimbing wuluh ini tapi hati-hati dengan rasanya yang sangat asam. Belimbing wuluh atau buah yang bernama latin Averrhoa bilimbi ini berasal dari benua Amerika, namun sebagian orang mengatakan juga berasal dari Kepulauan Maluku.  Berikut ini beberapa jenis penyakit yang biasa disembuhkan, seperti :

1. Batuk
Jika malas mengonsumsi obat dokter saat batuk, Anda bisa mencoba resep belimbing wuluh. Caranya cukup mudah. Sediakan 10 buah belimbing wuluh segar yang dicuci bersih. Kemudian, tumbuk halus dan tambahkan 2 sendok makan air garam. Saring airnya untuk diminum dan konsumsi 2 kali sehari.

2. Jerawat
Untuk mengusir jerawat yang membandel, cobalah mengaplikasikan belimbing wuluh pada wajah. Sediakan beberapa buah belimbing segar yang telah ditumbuk halus. Remas tumbukan belimbing tersebut dengan air perasan jeruk nipis untuk menggosok muka. Setelah beberapa menit, bersihkan dengan air yang mengalir. Lakukan setiap 3 kali sehari.

3. Panu
Jika Anda memiliki masalah kulit seperti panu, belimbing wuluh juga bisa menjanjikan pengobatan yang ampuh. Caranya, sediakan 10 buah belimbing wuluh segar yang telah dicuci. Tumbuk halus dan tambahkan sedikit kapur sirih. Aplikasikan ke kulit yang terinfeksi panu. Diamkan selama lima menit. Lalu bersihkan dengan air.

4. Menurunkan tekanan darah
Anda bisa mengonsumsi air perasan dari belimbing wuluh yang ditumbuk. Minum ramuan tersebut sebanyak 2-3 kali sehari. Belimbing wuluh mengandung asam amino,  asam sitrat, cyanidin-3-O-h-D-glucoside, fenolat, ion kalium, gula,  serta vitamin, mineral, dan air. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung komposisi mineral per 100 g, seperti fosfor (11.1 mg), kalsium (3,4 mg), dan zat besi.

5. Rematik
Satu (1) ons daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh, 15 biji merica, digiling halus. Kemudian tambahkan cuka putih secukupnya hingga menyerupai bubur dan oleskan di tempat yang sakit. Untuk sariawan, segenggam bunga belimbing wuluh direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2,5 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum tiga kali 3/4 gelas.

Komposisi vitamin buah belimbing wuluh per 100 gram yaitu:
* Riboflavin (0,026 mg),
* Vitamin B1 (0,010 mg),
* Niasin (0,302 mg),
* Asam askorbat (15.6 mg),
* Karoten (0,035 mg),
* dan vitamin A (0,036 mg). (MI/RRN)