Manfaat Mentimun

Mentimun, timun atau ketimun adalah salah satu sayuran yang keberadaannya melimpah di negeri ini. Mentimun merupakan tanaman semusim yang memang banyak dibudidayakan. Harga mentimun relatif selalu murah. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang menjadikannya makanan pendamping seperti lalapan, acar dan pelengkap kuliner sate.

Kandungan Mentimun

Zat apa saja yang terkandung di dalam sayuran ini. Secara klinis, mentimun mengandung zat-zat saponin (yang berfungsi mengeluarkan lendir), protein, Fe atau zat besi, sulfur, lemak , kalsium, Vitamin A, B1 dan juga C. Jika memakai pendekatan matematis, maka dalam 100 gram mentimun terdapat 0,7 gram protein, 12 kkl kalori, 0,1 gram lemak, 21 miligram fosfor, 0,3 miligram Fe, 0,3 karbohidrat, 8,0 vitamin C, dan 0,3 miligram Vitamin A dan juga vitamin B1.

Buah mentimun memiliki kandungan air yang berlebih, karenanya bisa menyegarkan tubuh. Tak hanya itu, mentimun juga ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. ini adalah beberapa khasiat mentimun adalah untuk kesehatan :

Penurun Hipertensi

Kandungan mineral kompleks dalam mentimun seperti potassium, magnesium juga fosfor menjadikan sayuran yang satu ini berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Jika Anda termasuk penderita hipertensi, Anda baiknya mengkonsumsi mentimun setiap hari secara rutin. Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan setelah dicuci bersih. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda menghaluskan satu buah mentimun dan kemudian peras airnya. Buang ampas dan minum air perasan tadi. Untuk hasil optimal, minumlah air perasan mentimun sebanyak tiga kali dalam sehari. Pagi, siang dan malam hari.

Menghilangkan jerawat

Seperti yang kita tahu, jerawat memang sangat menjengkelkan selain menimbulkan sedikit rasa sakit, yang pastinya jerawat juga akan mempengaruhi rasa percaya diri anda. Jika wajah Anda berjerawat, maka bisa melakukan perawatan dengan mentimun. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu tempelkan irisan mentimun pada daerah wajah yang berjerawat. Setelah itu, Anda bisa diamkan selama kurang lebih 15 menit dan lalu bilas wajah dengan air hangat lalu bilas ulang dengan air dingin hingga bersih. Ulangi cara ini 3-4 kali sehari sampai jerawat hilang. Jika Anda rutin melakukannya, maka jerawat akan hilang dan wajah pun jadi tidak terlihat kusam. Cara ini dapat juga digunakan untuk mengatasi minyak yang berlebihan karena mentimun memang mampu menyingkirkan lemak dari kulit wajah.

Mengusir Mata Lelah Dan Sembab

Mentimun atau timun mengandung asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids. Zat-zat ini dikenal baik dalam hal mencegah retensi air di dalam tubuh dan juga ampuh meredakan kulit yang meradang, iritasi dan bengkak. Maka itu, tidak heran jika kemudian mentimun dikenal sangat ampuh mengusir mata yang berkantung dan terlihat lelah. Selain itu, mata sembab juga bisa disembunyikan dengan buah yang segar ini. Caranya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan dua irisan timun bulat dan letakkan di kedua mata Anda yang sedang tertutup. Biarkan selama 15 menit. Dalam melakukan ritual ini, Anda harus tetap berhati-hati. Kabarnya mentimun juga memiliki kandungan jamur, oleh sebab itu pastikan mata Anda terkatup rapat agar aman dari mikroba dan juga jamur tentunya.

Melawan kanker

Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol – sehingga dengan kandungan ini mampu menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.

Meringankan sakit asam urat dan rematik

 Mentimun kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium, bila dicampur dengan jus wortel, mereka bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat

Meredakan Bau Mulut

Ambil seiris timun dan tekan ke langit-langit mulut anda dengan lidah selama 30 detik, fitokimia akan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Merangsang pertumbuhan rambut

Ketimun mengandung silikon dan belerang dan dengan demikian asupan rutin mentimun dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk hasil terbaik, campurkan jus mentimun dengan jus wortel, selada atau bayam.

Untuk Cacingan

Biji mentimun digunakan sebagai obat alami untuk mengobati cacing pita. Biji mentimun memar dicampur dengan air juga efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

Mengecilkan pori-pori

Mentimun merupakan toner yang sangat baik. Anda bisa mencampurnya dengan cuka apel, putih telur, dan tomat. Haluskan bahan-bahan tersebut dan usapkan ke wajah Anda. Setelah itu, diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. Dengan begitu, pori-pori wajah Anda akan mengecil. (berbagai sumber)

1 Response

  1. recca says:

    mantap, tips sehat sangat dipelukan utk mendukung aktivitas memancing