Tips Untuk Memperpanjang Usia

Tidak ada satupun yang dapat mencegah bertambahnya usia seseorang, namun kondisi kita saat menua nanti sangat tergantung terhadap gaya hidup yang Anda jalankan sekarang ini.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kondisi badan tetap bugar dan aktif meski usia terus bertambah.

  1. Olahraga 30 menit setiap hari
    Dalam penelitian yang dilakukan terhadap ribuan orang selama 26 tahun, ditemukan bahwa mereka yang memiliki aktivitas fisik tinggi di usia pertengahan, adalah yang paling sehat tanpa penyakit kronis di usia tua. Angka kondisi penyakit jantung, diabetes, kanker, serta berbagai penyakit lanjut usia lainnya juga berkurang. Luangkanlah waktu 30 menit setiap hari untuk melakukan aktivitas fisik yang disukai. Aktivitas tersebut tidak harus berat, bahkan bagi Anda yang suka window shopping pun dapat memanfaatkan momen tersebut. Bawa pedometer dan pastikan Anda berjalan 10.000 langkah setiap harinya.
  2. Membersihkan gigi secara teratur
    8 dari 10 orang tidak rajin menggunakan dental floss (benang pembersih) setelah selesai menyikat giginya. Jangan sepelekan hal ini karena menggunakan dental floss dapat membersihkan hingga 40% lagi bagian gigi Anda. Pemakaian dental floss juga dapat mencegah periodintis, sejenis infeksi yang dapat menyebabkan gangguan jantung.
  3. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah
    Pola makan sehat yang kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko genetik terkena penyakit jantung. Mulailah membatasi konsumsi daging merah dan perbanyak sumber asam lemak Omega-3. Perbanyak juga asupan kalsium Anda, karena kalsium dapat membantu pembakaran lemak.
  4. Seni
    Seni adalah obat paling mujarab untuk relaksasi pikiran. Anda bisa mendengarkan musik, tari, atau lukisan yang Anda sukai. Seni membuat Anda selalu berpikir sesuatu yang kreatif dan aktif. Relaksasi pikiran adalah kunci utama seseorang berumur panjang. Stres dan kecemasan hanya akan melemahkan kekebalan tubuh Anda. Alhasil, tubuh menjadi mudah sakit.
  5. Disiplin waktu
    Tidurlah 7-8 jam pada malam hari dan makanlah tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk mengembangkan kekebalan tubuh Anda. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat, maka Anda akan merasa kelelahan, nyeri otot, masalah mata, dan bahkan demam. Untuk menghilangkan kelelahan pada tubuh Anda, lakukan pijat tubuh sebulan sekali untuk mengurangi stres dan menjaga kesehatan.
  6. Bercinta
    Melakukan hubungan fisik yang sehat akan menyeimbangkan emosional Anda dan membuat tubuh tetap bugar. Hal ini tampaknya sederhana, namun sulit untuk benar-benar diterapkan. Hubungan seks yang sehat tidak hanya menuntut kenikmatan fisik semata, tetapi juga rasa nyaman dan cinta.

Sumber : Berbagai Sumber