Ikan Mas Koki Mata Balon

Ikan mas koki jenis ini di namakan, ikan mas koki mata balon. mengapa demikian hal  ini dikarnakan bentuk aneh yang berada pada bawah mata ikan […]

Ikan mas koki jenis ini di namakan, ikan mas koki mata balon. mengapa demikian hal  ini dikarnakan bentuk aneh yang berada pada bawah mata ikan mas koki, dan bentuk tersebut sama seperti balon, maka di namakan ikan mas koki mata balon.

Ikan mas koki dengan spesies ini terdapat dalam berbagai warna, warna merah, putih, kuning, merah, dan orange namun di negrinya ikan ini di budidayakan dan dikembang biakkan dengan jenis mas koki panda, jadi di temukan ikan dengan fisik mata balon namun warna dan corak dari tubuhnya di ambil dari ikan mas koki panda.

Ikan Mas Koki Mata Balon (bubble-eye goldfish, bubble = balon, dan eye = mata) dikenal sebagai salah satu jenis mas koki yang cukup disukai di Indonesia. Mas koki mata balon lahir pertama kali di China dengan nama “shui pao yen”. Dari China si mata balon kemudian menyebar ke negara-negara lain. Mas koki mata balon memiliki ciri khas, yaitu terdapat gelembung di bawah pelupuk matanya.

Gelembung terdiri dari kantung berisi cairan yang ukurannya terkadang tidak proporsional sehingga sering pecah dan rusak. Kerusakan itu bukan hal serius karena beberapa minggu kemudian kantung akan pulih dan menggelembung seperti sedia kala. Bentuk tubuh mata balon terkadang tampak seperti ranchu (lionhead), namun lebih dekat ke bentuk tubuh mas koki jenis celestial (nirwana).

Bentuk dan warna tubuhnya menyerupai lion head tetapi memiliki perbedaan, yaitu berupa gelembung udara seperti balon yang terdapat pada bagian bawah kedua matanya. Berdasarkan ciri khas yang dimilikinya ini, maka dianjurkan untuk tidak memelihara jenis ini pada tempat yang mengandung benda-benda tajam atau runcing.

Punggung datar tanpa sirip, sirip ekor cukup panjang. Warna tubuhnya kuning atau oranye dengan sedikit pucat metalik. Tidak diketahui dengan jelas apakah mas koki mata balon merupakan hasil mutasi atau kawin silang. Diperkirakan mata balon lahir dari indukan mas koki celestial.

Di Cina mereka membudidayakan secara tradisional dengan penggunaan bak mandi atau kolam untuk ikan yang terbuat dengan lapisan terpal. Hal ini di lakukan untuk memudahkan peternak ikan untuk membersihkan air dari kotoran yang ada, dan biasanya mereka menangkarkannya di luar, mengenai sedikit sinar matahari. Agar ikan mas koki terhindar dari jamur dan penyakit lainnya.

Keuntungan menggunakan bak karena dengan penggunaan bak maka akan ada plangton yang dapat di jadikan makanan ikan mas koki tersebut, sehingga ikan mas koki akan mudah mengeluarkan corak dan warna yang cemerlang.

Dan keuntungan penggunaan bak, ikan mas koki akan kuat di karnakan oksigen tersalurkan dari alam, bukan dari buatan. serta hindari bak terkena matahari langsung, tetapi jika memang harus terkena matahari langsung siapkan eceng gondok atau tanaman sebagai pelindung ikan mas koki dari matahari langsung.

Artikel Terkait: