Kerapu

Ikan kerapu atau biasa dikenal dengan sebutan “Grouper” berada dalam kelas Actinopterygii. Ikan kerapu terdiri dalam dari beberapa jenis spesies, dan semuanya jenis spesies itu […]

Ikan kerapu atau biasa dikenal dengan sebutan “Grouper” berada dalam kelas Actinopterygii. Ikan kerapu terdiri dalam dari beberapa jenis spesies, dan semuanya jenis spesies itu masuk ke dalam golongan family Serranidae. Perbedaan dari setiap spesies terlihat dari warna dan beberapa corak tubuh yang unik dari tiap-tiap spesies. Sebagian dari spesies ikan kerapu ini merupakan komoditas perikanan yang cukup laris dipasaran. Kerapu merupakan jenis ikan demersal yang suka hidup di perairan karang, di antara celah-celah karang atau di dalam gua di dasar perairan. Ikan karnivora yang tergolong kurang aktif ini relatif mudah dibudidayakan, karena mempunyai daya adaptasi yang tinggi.

Dalam siklus hidupnya, pada umumnya ikan kerapu muda hidup di perairan karang pantai dengan kedalaman 0.5-3 meter, selanjutnya setelah beranjak dewasa berupaya ke perairan yang lebih dalam lagi yaitu antara 7-40 meter. Di Indonesia, ikan kerapu banyak ditemukan di perairan Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Pulau Buru, dan Ambon. Salah satu indikator adanya kerapu adalah perairan karang. Indonesia memiliki perairan karang yang cukup luas sehingga potensi sumberdaya kerapunya sangat besar. Beberapa jenis spesies ikan kerapu diantaranya ;

1.Kerapu Macan dalam bahasa Inggris ikan ini dikenal dengan nama Brown-Marbled Grouper, habitat alaminya adalah lautan terbuka, lautan dangkal, subtidal aquatic beds, karang dan laguna pantai. Ikan kerapu Macan bersifat nokturnal dimana pada siang hari lebih banyak bersembunyi di celah-celah karang dan beraktifitas pada malam hari untuk mencari makan.

2. Kerapu Bebek dalam bahasa Inggris, dikenal dengan sebutan Humpback Grouper atau Panther Grouper dan khusus di Australia lebih dikenal dengan sebutan Barramundi Cod. Kerapu Bebek ini merupakan komoditas perikanan yang sangat laris dipasaran.

3. Kerapu Sunuk atau Coral Trout, istilah kerapu sunuk sebenarnya mencakup beberap jenis ikan diantaranya; Plectropomus Laevis (bernoda biru), Plectropomus Leopardus (kerapu sunuk biasa), Plectropomus Maculatus (dengan pipi bergaris). Jenis kerapu sunuk merupakan sasaran utama pemancing di daerah karang sepanjang pantai Queensland.

4. Kerapu Kayu dalam bahasa Inggrisnya bernama Greasy Grouper atau Arabian Grouper sedangkan dalam bahasa Arab dinamakan Hamur. Panjang ikan ini bisa mencapai 75 cm, kepala dan badannya berwarna abu-abu atau coklay kehijau-hijuan muda dengan noda bundar yang warnanya bisa dari merah jingga sampai coklat tua. Sejumlah noda hitam dapat terlihat pada badannya dibawah belakang sirip punggungnya. Lima garis yang lebih hitam bisa juga terdapat pada badannya. Kakap kayu hidup dikawasan air jernih yang berkarang pada ke dalaman laut yang cukup tinggi.

Ikan kerapu memiliki bentuk tubuh yang gelap dengan totol diseluruh tubuh, ikan ini menggunakan totol tubuhnya sebagai kamuflase atau tipuan pada saat ia berburu makanannya. Ikan kerapu merupakan ikan karang dan jarang sekali berenang jauh, makanan ikan ini adalah ikan yang lebih kecil, gurita, kepiting dan lobster. Cara makan ikan ini cukup unik yakni dengan menunggu mangsanya mendekat dengan penyamaran kamuflase yang tepat. Dan setelah mangsanya mendekat ia akan menyedot mangsa tersebut dengan kekuatan mulut dan rahang yang besar, ikan kerapu memakan utuh ikan yang menjadi makanannya dan tidak mencabiknya. Dalam berburu ikan jarang sekali ikan ini berenang dengan cepat untuk menangkap mangsanya, ia hanya menunggu mangsanya mendekat untuk memakannya.

Untuk memancing ikan kerapu biasanya para pemancing menggunakan cara memancing dalam. Memancing dalam maksudnya memancing dengan menggunakan perahu serta dalam memancing menggunakan tali senar yang panjang untuk memasang umpan di dasar karang. Jika anda menggunakan perahu untuk memancing ikan ini, panjang senarnya harus cukup menjangkau kedalaman air sampai di dasar lautan, karena di lokasi ini tempat tinggalnya ikan kerapu.

Umpan yang bisa anda gunakan untuk memancing kerapu adalah makanan alaminya di perairan laut, biasanya para pemancing menggunakan umpan daging gurita atau cumi-cumi yang dipotong kecil-kecil. Umpan lain adalah udang segar, sebenarnya ikan kerapu termasuk ikan yang rakus dalam mencari makanan, sehingga jenis umpan apa saja ikan ini mau. Namun yang terbaik dalam memancing ikan kerapu adalah cumi-cumi.  Umpan tersebut dipasang pada mata pancing berukuran besar dengan jumlah kail 3-4 buah dalam 1 rangkaian senar.

Memancing ikan kerapu bisa dilakukan di pinggiran pantai, maupun di perairan yang cukup dalam dengan menggunakan perahu. Untuk mencari lokasi memancing ikan kerapu anda harus mencari daerah yang memiliki terumbu karang yang cukup banyak, karena terumbu karang merupakan habitat alami ikan ini. Untuk anda yang tidak mengerti lokasi memancing ikan ini sebaiknya bertanya dulu pada nelayan setempat, atau orang yang mengetahui keberadaan terumbu karang.

Di beberapa daerah di Indonesia para nelayan menandai lokasi terumbu karang dengan membuat rumpon disana. Di lokasi rumpon ini ditambatkan tali yang bisa digunakan oleh perahu pemancing untuk ditambatkan. Memang untuk bisa memancing ikan kerapu dibutuhkan survey tempat dahulu, karena jika lokasi tanah di dasar lautan berpasir, ikan ini jarang ada. (Berbagai sumber)

Artikel Terkait: