Tuna

Tuna adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies dari famili Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang handal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). […]

Tuna adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies dari famili Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang handal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging ikan ini berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin dari pada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru (bluefin tuna), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam.

Ikan tuna adalah ikan yang merupakan jenis predator bagi ikan–ikan kecil serta cumi–cumi, meski demikian ikan tuna juga memiliki musuh utama yakni ikan hiu. Boleh dibilang ikan ini meskipun disebut sebagai ikan predator, namun ia juga dijadikan mangsa oleh ikan lain. Selain juga adalah penangkapan oleh manusia sebagai komoditi pangan. Tercatat hampir semua negara yang memiliki pelabuhan perikanan akan menangkap ikan tuna ini sebagai komoditi terbaik.

Penangkapan ikan tuna dengan pancing membutuhkan sedikit keahlian mengingat caranya berenang yang begitu gesit. Cara memancing ikan tuna dapat menggunakan umpan berupa ikan mati ataupun ikan hidup. Umpan ikan hidup yang sering dipakai adalah ikan saury dan berbagai jenis ikan dalam genus sardinella. Jenis ikan yang dipilih adalah yang memiliki warna yang mengkilap dan dipakai dalam pemancingan cara longline fishing.

Cara paling ekstrim dalam pemancingan ikan tuna adalah dengan menggunakan kapal yang cukup cepat sehingga mampu mengejar gerombolan tuna yang sedang berenang. Setelah cukup dekat dengan gerombolan ikan kapal diarahkan untuk berada dibawah angin, yaitu jika pancing dilempar maka umpan akan menjauhi kapal dan bukan mendekat. Teknik penempatan kapal yang menjauhi arah angin ini hanya bisa dilakukan oleh yang berpengalaman. Setelah itu umpan mulai ditebar ke gerombolan ikan agar ikan tuna tertarik untuk memakannya.

Karena ikan ini termasuk ikan yang cukup rakus, umpan yang ditabur akan cepat diserbu oleh mereka. Kesempatan inilah yang digunakan oleh pemancing untuk memancing ikan secara cepat namun dengan teknik pole and line usaha ini akan mudah dilakukan pemancing senior. Mereka menggunakan kail yang tidak memakai “barb” atau ujung yang tajam di dalam mata pancing. Sehingga pelepasan mata pancing dari mulut ikan dapat dilakukan dengan cepat. Semakin cepat proses memancing dan melepaskan mata kail ini maka semaking banyak ikan yang mungkin dapat ditangkap, karena ikan ini makan dengan cepat dan dapat menghilang dengan cepat juga. (Berbagai sumber)

Artikel Terkait: