Kontes Ikan Cupang

Sukoharjo – Biasanya kontes kecantikan identik dengan wanita-wanita cantik tetapi kali ini berbeda, yang menjadi peserta kontes kecantikan ini adalah ikan cupang. Seperti yang kita […]

Sukoharjo – Biasanya kontes kecantikan identik dengan wanita-wanita cantik tetapi kali ini berbeda, yang menjadi peserta kontes kecantikan ini adalah ikan cupang. Seperti yang kita tau, ikan cupang memiliki keindahan di bagian sirip dan warnanya. Hal inilah yang membuat ikan cupang banyak digemari oleh masyarakat.

Kontes yang berlangsung di Sukoharjo ini mendapat perhatian besar dai para penghobi ikan cupang. Para pesertanya bukan hanya datang dari Sukoharjo, tetapi juga berasal dari Solo, Yogyakarta dan Semarang. Mereka semua sangat antusias untuk memamerkan keindahan ikan cupang peliharaannya. Menurut salah satu peserta kontes Novi kepada Indosiar mengatakan,”Dengan adanya kontes ini dapat mengangkat derajat ikan cupang di mata para penghobi ikan, selain itu kontes ini juga sebagai tolak ukur sejauh mana perkembangan ikan cupang di indonesia”.

Jenis ikan cupang yang diikutkan dalam lomba kontes kecantikan ini ada lima jenis; Cupang Plakat, Cupang Serit, Cupang Halfmoon satu tile, Halfmoon dua tile dan Cupang Giant. Kelima jenis ikan-ikan tersebut dinilai berdasarkan keindahan warnanya, terutama komposisi badan ikan cupang dengan siripnya.

Ikan cupang dengan keindahan sempurna bisa memiliki harga jual yang tinggi, mulai Rp 100 ribu hingga jutaan rupiah per ekornya. Tidak heran, jika budi daya ikan cupang ini menjadi salah satu alternatif usaha yang cukup menjanjikan.

Menurut Kurniawan yang merupakan penyelenggara kontes mengatakan, ” Kontes kecantikan ikan cupang ini tidak murni diikuti oleh penghobi ikan saja, tetapi juga diikuti oleh peternak, pedagang dan penghobi ikan itu sendiri. Karena kontes ini merupakan ajang silaturrahmi dan sarana untuk bertukar pikiran kepada sesama pecinta ikan cupang”.

Sumber : Indosiar

Artikel Terkait: