Nelayan & Hiu Paus Raksasa Berteman Di Filipina

Filipina, Padek – Seperti seekor ikan mas berukuran raksasa, hiu paus raksasa (rhincodon typus) ini terlihat tidak keberatan makan dari tangan teman-teman nelayan mereka. Pemandangan menyentuh […]

Filipina, Padek – Seperti seekor ikan mas berukuran raksasa, hiu paus raksasa (rhincodon typus) ini terlihat tidak keberatan makan dari tangan teman-teman nelayan mereka. Pemandangan menyentuh yang diambil di dekat Oslob, Filipina ini adalah hasil jepretan seorang pecinta alam Shawn Heinrichs, yang menggambarkan hubungan persahabatan unik para nelayan di Filipina dengan ikan raksasa itu.

Heinrichs mengklaim fotonya adalah momen terlangka yang pernah ada di dunia ini dan menunjukkan adanya keakraban antara ikan terbesar di dunia dan manusia. “Dalam gambar ini, kita menyaksikan hubungan langka dan menarik antara nelayan dan ikan terbesar di laut, yaitu hiu paus,” tutur pria berusia 40 tahun itu, yang dikutip mail online.

“Mereka (hiu paus dan nelayan) telah membentuk suatu ikatan yang tidak biasa, dilandasi dengan rasa hormat dan kepercayaan.” tambahnya. Sebelumnya, Heinrichs mengunjungi sebuah tempat menyelam terpencil dekat Oslob, dan kemudian dia mendengar tentang hubungan yang tidak biasa ini dari seorang penjaga taman. Seorang petugas margasatwa mengatakan kepadanya bahwa nelayan Oslob sudah menjadikan seekor hiu tersebut sebagai sahabatnya.

Tanpa pikir panjang setelah mendengar cerita tersebut, Heinrichs pun langsung melompt ke perahu dan langsung menuju tempat yang dimakasud oleh sang ranger tadi.

“Kami pun langsung menuju ke wilayah dan menyelidikinya. Ketika kami sampai di sana, kami sangat terkejut, saya melihat seorang nelayan duduk dikapalnya dan hiu itu pun mengikutinya dari belakang. Nelayan di dekat tempat kami melakukan penyelaman berteman dengan hiu paus,”tambahnya.

Heinrichs bahkan mengakui, peristiwa ini adalah pertama kalinya yang pernah disaksikannya. Dirinya juga mengatakan akan adanya tantangan yang sangar besar untuk mengabadikan foto nelayan dan hiu itu.

“Aku belum pernah melihat hiu paus di perairan dangkal, dengan niat mereka sendiri. Ini adalah pertama kalinya saya menyaksikan prilaku semacam ini, atau hubungan antara nelayan dan hiu itu paus,” ucap Heinrichs takjub.

Hiu paus adalah hiu pemakan plankton yang juga dinobatkan sebagai spesies hewan laut terbesar. Hiu raksasa itu dapat ditemui di wilayah tropis. Spesies hiu paus juga diyakini sudah muncul sekitar 60 juta tahun yang lalu. (padangekspres)

Artikel Terkait: