Spesies Baru Arapaima di Amazon

Syracuse, Spesies baru ikan raksasa arapaima berhasil ditemukan di pedalaman Amazon, Brasil. Penemuan ini mengejutkan karena hampir dua abad para ahli sudah berdebat tentang jumlah […]

Syracuse, Spesies baru ikan raksasa arapaima berhasil ditemukan di pedalaman Amazon, Brasil. Penemuan ini mengejutkan karena hampir dua abad para ahli sudah berdebat tentang jumlah dan status spesies ikan arapaima tersebut.

Spesies arapaima terbaru itu awalnya ditangkap di wilayah pertemuan sungai Solimoes dan Purus di wilayah Amazonas, Brasil pada 2001. Perbedaan ikan tersebut dengan arapaima lainnya adalah pada bentuk lubang sensor di kepala, lapisan yang menutupi sirip belakang dan pola warna. Spesies itu diberi nama ilmiah Arapaima leptosome.

“Setiap orang, selama 160 tahun terakhir, selalu mengatakan hanya ada satu jenis arapaima. Tapi sekarang kita tahu ada berbagai jenis di luar sana, termasuk yang sebelumnya sempat tidak dikenali,” kata Donald Stewart, peneliti dari SUNY College of Environmental Science and Forestry, Syracuse, New York, Senin 14 Oktober 2013. Stewart adalah orang yang menemukan spesies baru arapaima tersebut.

Ikan arapaima adalah satu di antara komoditas perdagangan penting dari Amazon. Panjang ikan itu bisa lebih dari dua meter dan beratnya mencapai 100 kilogram. “Ikan air tawar itu berharga tinggi, termasuk dalam ilmu pengetahuan, namun keberagaman hewan itu sempat dilupakan terlalu lama,” kata Stewart yang menulis laporan temuannya dalam jurnal Copeia.

Pemerintah Brasil sudah melarang penangkapan ikan arapaima untuk kepentingan komersial karena jumlah hewan itu semakin sedikit. “Keberadaan arapaima di habitat aslinya nyaris nol, ini terjadi karena penangkapan yang berlebihan,” kata Leandro Castello, pengawas arapaima di Brasil. (tempo)

Artikel Terkait: