Mancing di Danau dan Keramba

Sebelum memancing kita harus memiliki peralatan yang cocok dan memadai untuk suatu target mancing. Dan harus memahami lingkungan ikan dan kebiasaan makan ikan. Untuk memancing […]

Sebelum memancing kita harus memiliki peralatan yang cocok dan memadai untuk suatu target mancing. Dan harus memahami lingkungan ikan dan kebiasaan makan ikan. Untuk memancing di kali/sungai dibutuhkan pemahaman penempatan lokasi pancing yang benar dan pergerakan pancing setelah dilempar, saat terbawa arus.

Tips Memancing di Danau
Dalam mincing di danau diperlukan pemahaman tentang danau tersebut, apakah dasar danau Lumpur atau pasir. Ini yang akan membedakan teknik mancingnya. Untuk memilih umpan dan rangkean kail yang disesuaikan dengan target ikan. Pada umunya di danau banyak dihuni ikan nila dan ikan mas.

Untuk ikan nila diatas 1kg biasanya ikan tersebut suka berpindah-pindah tempat. Oleh karena itu umpan harus minimal 30 cm dari dasar danau. Batu yang berlumut merupakan spot yang bagus untuk memancing ikan nila. Tipsnya, cari batu yang belumut di tepi danau lalu letakkan di daerah yang kiranya spot ikan nila lalu anda memancing dengan umpan lumut juga. ( lempar pancing anda dekat dengan batu yang berlumut tadi).

Untuk mendapatkan ikan yang besar harus mengunakan rangkaian yang sesuai, tips kali ini cara membuat rangkaian khusus memancing ikan besar yaitu menempatkan 2 mata pancing diatas pemberat dan 2 dibawah pemberat.

Ciri ikan besar adalah selalu berpindah-pindah/ lari-lari dan tidak menetap di satu lokasi. Kecuali di tempat tersebut terdapat batu untuk berlindung. Upayakan koordinat umpan diatas 30 cm dari dasar danau. Kalau danau dasarnya pasir maka mungkin ikan masih mau mencari makan di dasar. Untuk ikan dasar yang berpasir, umpan yang cocok adalah udang air tawar.

Mancing di Sekitar Keramba
Hal yang perlu diperhatikan untuk memancing ikan di sekitar keramba yaitu pakan yang sering diberikan oleh pemilik keramba. Biasanya ikan yang berada diluar keramba mancari makan dari sisa makanan ikan yang berada di dalam keramba. Untuk ikan yang berada di pertengahan gunakan rangkaian, timah pemberat diatas, lalu kail/mata pancing dan yang terakhir pelampung. 

 

 

 

 

 

 

 

(Tabloid Fortuna)

Artikel Terkait: