Teknik Mancing Popping

Popping adalah sebuah teknik mancing dengan menggunakan umpan yang disebut popper. Biasanya popper terbuat dari kayu dengan berat yang beragam dan mempunyai treble hook dibagian […]

Popping adalah sebuah teknik mancing dengan menggunakan umpan yang disebut popper. Biasanya popper terbuat dari kayu dengan berat yang beragam dan mempunyai treble hook dibagian bawah depan dan belakang body poppernya. Target mancing popping adalah ikan GT (Giant Trevally), Tenggiri, Layaran dll.

PERALATAN POPPING

1. Reel
Reel spinning ukuran 8000 – 10.000 dengan kapasitas spool yang cukup besar.

2. Joran
Gunakan joran sambung 2 yang memiliki  panjang 2.1m – 2.5m dan memiliki ring yang berukuran cukup besar agar senar dapat meluncur dengan cepat dan digulung kembali dengan lancar.

3. Senar
Senar yang dianjurkan untuk memancing dengan cara popping adalah senar PE6 – 12. Karena dengan menggunakan senar PE akan memudahkan pemancing dalam melakukan lemparan yang lebih jauh dan juga kapasitas senar di reel menjadi lebih banyak dibanding dengan senar monofilament.

4. Leader Line
ukuran Leader yang digunakan berkisar antara 80 lbs – 150 lb.

5. Umpan
umpan yang digunakan adalah popper. Pemilihan popper juga sangat menentukan keberhasilan dalam pemancingan. Pemilihan popper ini harus dilakukan dengan cermat dan disesuaikan dengan target dan daerah pemancingan.

POPPING ACTION

Popper dilemparkan sejauh mungkin, jauh dekatnya lemparan dipengaruhi oleh berat yang dimiliki popper, senar yang digunakan dan panjang joran itu sendiri. Setelah popper mencapai target yang kita inginkan kemudian mainkan popper tersebut sesuai dengan jenis yang dipakai. Untuk type Chugger(bentuk kepalanya rata dan memiliki cekungan seperti mangkok) cara memainkannya harus dengan disentak sehingga menimbulkan bunyi khas yaitu pop,pop,pop… karena kepalanya menabrak air dan cipratan air yang bisa mengundang dan menarik perhatian ikan pemangsa.

Type Chugger lebih efektif digunakan pada kondisi air yang tenang. Biasanya jenis ikan pelagic (khususnya Giant Trevally) sangat menyukai tyoe chugger ini. Untuk type Pencil cara memainkannya adalah tidak disentak-sentak tetapi ditarik terus, type pencil ini tidak menimbulkan bunyi atau splash yang kuat dan biasanya digunakan pada kondisi air yang  berombak. Type pencil ini sangat efektif untuk popping tuna, bahkan tidak tertutup kemungkinan layaran dan tenggiri.


Artikel Terkait: