Teknik Mancing Trolling

Trolling merupakan teknik mancing permukaan, targetnya adalah ikan yang sering berada dipermukaan air laut  seperti, ikan tuna,cakalang, lemadang dan marlin. Karena ikan-ikan tersebut memiliki kebiasaan […]

Trolling merupakan teknik mancing permukaan, targetnya adalah ikan yang sering berada dipermukaan air laut  seperti, ikan tuna,cakalang, lemadang dan marlin. Karena ikan-ikan tersebut memiliki kebiasaan untuk memakan  mangsanya yaitu sekumpulan ikan yang berada permukaan air.

PERALATAN TROLLING
1.  Reel Trolling
untuk memancing dengan teknik trolling memang membutuhkan reel yang khusus. Gunakan reel yang di lengkapi dengan Level Drag dan double speed.

2.  Joran
Untuk joran, pilih joran yang dilengkapi dengan Roller hal ini bertujuan agar senar tidak ter gencet / menjadi pipih disaat mendapatkan tekanan besar serta tidak mudah panas disaat Long Fight.

3.  Senar
Senar monofilament dengan ukuran 50-80lbs

4. Shockleader
ukuran shockleader biasanya dua kali ukuran mainline. Jika menggunakan senar ukuran 50lbs maka shockleader yang digunakan 100lbs

5.  Barrel Swivel, Split Ring dan Sleve

6. Serat Kabel Baja / wire
Digunakan untuk menyambung senar dengan mata pancing. Selain itu berguna untuk melindungi senar dari gigi ikan yang tajam. Panjangnya kira-kira 1 – 1.5m. Untuk umpan yang menggunakan konahead dan umpan alami biasanya tidak memakai wire karena untuk memaksimalkan kerja umpan tersebut.

7.  Umpan
Ada dua alternatif untuk memilih umpan trolling, bisa dengan umpan alami ataupun umpan buatan. Untuk umpan buatan gunakan umpan yang berwarna terang, mengkilat dan kuat. Biasanya umpan buatan terbuat dari logam atau metal. Keuntungan menggunakan umpan buatan adalah tidak mudah hancur saat terkena ombak . Umpan buatan yang biasa digunakan diantaranya; Rapala, Konahead Sedangkan untuk umpan alami ikan yang digunakan adalah ikan bandeng karena memiliki warna yang terang sehingga dapat menarik perhatian ikan target.

8.  Mata Pancing
jika menggunakan umpan alami mata pancing mutlak diperlukan. Gunakan mata pancing nomor 5 – 7, karena pada umumnya target pemancingan trolling adalah ikan besar, jadi mata pancing yang dipakai juga harus sesuai. Sedangkan jika memakai umpan buatan biasanya sudah terdapat mata pancing yang sesuai ukuran umpannya.

9.  Kapal
untuk yang ini tidak bisa dilupakan perannya sangat vital sekali.

TROLLING ACTION
Banyak faktor yang menentukan sukses atau tidaknya mancing dengan teknik trolling diantaranya: Intensitas cahaya matahari, Jernih atau tidaknya kondisi air laut sehingga pemilihan warna dan jenis umpan juga harus disesuaikan. Perpaduan skill pemancing dan kapten kapal juga sangat menentukan kesuksesan. Pengaturan kecepatan kapal saat menarik perhatian ikan pemangsa, sehingga umpan keliatan dipermukaan air sampai pada waktu sang pemancing fight dengan ikan sasaran.


Artikel Terkait: