Danau Tuadale

Danau Tuadale terletak di Silu Kecamatan Kupang Barat berjarak ± 25 km dari ibu kota kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Danau ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu […]

Danau Tuadale terletak di Silu Kecamatan Kupang Barat berjarak ± 25 km dari ibu kota kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Danau ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga, sambil menghilang rasa penat di pikiran Anda. Danau ini mempunyai panorama yang asli dan indah, banyak turis yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahan hutan bakau dengan berlayar memakai perahu kecil dan membeli ikan segar dari penduduk setempat. Tidak hanya itu saja tempat ini juga merupakan rekreasi untuk mancing dan melihat hutan bakau.

Sepanjang jalan banyak dijumpai burung-burung dara yang berkembang biak di lokasi danau. Danau ini mempunyai panorama alam yang indah dengan ditumbuhi pohon-pohon bakau, tempat berkembang biak berbagai jenis ikan air tawar, satwa burung dengan corak warna yang indah. Pengunjung dapat juga berkeliling danau dengan sampan.

Danau yang berada ± 25 km dari Kota Kupang menuju Pantai Tablolong di dusun Tuadale desa Lifuloo Kecamatan Kupang Barat ini memiliki luas sekitar 10 ha.  Spesifikasi dan daya tarik adalah rekreasi, mancing dan hutan bakau. Memiliki panorama yang asli dan indah, Turis sering menikmati keindahan hutan bakau dengan berlayar memakai perahu kecil dan membeli ikan segar dari penduduk setempat. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.

Danau Tuadale merupakan kawasan hutan yang memiliki perwakilan tipe ekosistern hutan dataran rendah batuan kapur vulkanis dan ekosistem hutan mangrove yang mendominasi pada pinggiran danau air payau. Pada Kawasan Suaka Margasatwa terdapat 3 buah danau air payau yang merupakan habitat berbagai satwa burung air termasuk daerah tujuan burung migran,

Ekosistem Danau Tuadale
Beberapa jenis pohon yang tumbuh di kawasan ini diantaranya adalah jati (Tectona grandis), lontar (Borrasusfiabelifer), ketapang (Tertminalia catappa), gewang (Corypha gebanga), waru (Hibiscus sp), jambu hutan (Eugenia sp), kelapa (Cocos nucifera), kesambi (Schleichera oleosa), pandan (Pandanus tectorius), serta beberapa jenis rumput seperti Cynodon datylon, Andropogen timorensis, Digitaria decumbens, dan Centrosema pubescens. Sesuai dengan kondisi ekosistem mangrove yang mendominasi pada pinggiran danau tersebut maka jenis-jenis mangrove yang terdapat di kawasan tersebut antara lain : Rhizophora sp, Avicennia sp, Bruguiera sp, dan Sonneratia sp.

Adapun jenis-jenis fauna yang terdapat di kawasan ini di antaranya.adalah ular sanca timor (Phyton timorensis), biawak timor (Varanus ti­morensis), bangau putih (Egretta sacra), ulung-ulung (Halia­retus leucogaster), perkici dada kuning (Trichoglosus haemotodus forsteni), burung camar (Sterna sp), burung puyuh (Turnix suscitater), dan alap-alap (Falco moluccensis), serta berbagai jenis satwa burung air migran yang menempati habitat danau Tuadale pada musim-musim tertentu.

Akses
Aksesibilitas untuk mancapai Kawasan Suaka Margasatwa Danau Tuadale dapat ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi darat. Dari Kota Kupang, ke Suaka Margasatwa danau Tuadale bisa dicapai dengan kendaraan darat sekitar 30 kilometer ke arah Tablolong dengan waktu tempuh sekitar setengah jam dengan menggunakan kendaraan pribadi dan belum tersedia sarana angkutan umum.

Artikel Terkait: