Mancing di Sungai Oyo Yogyakarta

Satu lagi spot mancing potensial dari kota Yogyakarta yang layak untuk dicoba yakni Sungai Oyo. Sungai Oyo adalah salah satu sungai yang membelah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta […]

Satu lagi spot mancing potensial dari kota Yogyakarta yang layak untuk dicoba yakni Sungai Oyo. Sungai Oyo adalah salah satu sungai yang membelah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan melintasi kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul. Lokasi dari kali oyo ini tepatnya berada di antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul. Bila dari kota Jogja, lebih mudah melewati terminal Giwangan ke selatan, melewati Pleret. Menuju ke lokasi ini dapat ditempuh dengan mobil maupun motor, tetapi lebih disarankan untuk menggunakan motor saja karena ruas jalan menuju lokasi cukup kecil.

Saat ini sungai Oyo merupakan salah satu tujuan wisata alam di daerah Gunung Kidul. Wisata yang ditawarkan di sungai Oyo ini antara lain rafting menggunakan pelampung berbentuk ban. Selain itu yang juga menjadi daya tarik Sungai Oyo ini karena keindahan Air Terjun Sri Gethuk yang terdapat di lokasi ini. Air terjun Sri Gethuk ini tidak begitu tinggi, namun keindahan dan kesejukan yang ditawarkannya dapat menarik minat para wisatawan dari berbagai daerah.

Selain untuk tujuan wisata, sungai Oyo juga merupakan salah satu spot mancing potensial yang ada di Jogjakarta. Para pemancing dari berbagai daerah sekitar Jogja sudah banyak yang membuktikannya. Aliran air yang tidak terlalu deras membuat tempat ini menjadi salah satu favorit bagi para pemancing. Ikan yang di dapat pun beragam anatara lain, wader, melem, tawes, bawal, nila, dll.

Menurut warga setempat di kali ini juga banyak terdapat ikan hampala  atau ikan palung warga sekitar menyebutnya, yang pada saat sekarang warga Jogja sedang senang untuk memancing ikan jenis ini. Dilihat dari lokasi sungai Oyo yang terbilang luas, lokasi ini sangat cocok untuk memancing dengan teknik casting.

Bagi anda yang ingin mencoba sensasi mancing di alam bebas, silahkan mencoba spot yang satu ini. Jika kondisi cuaca terang, air sungai ini akan terlihat hijau karena pantulan warna lumut yang menempel pada bebatuan yang terhampar di sepanjang sungai Oyo. Mungkin ada beberapa kendala bagi para mancing mania bila ingin memancing di kali ini, yaitu banyak terdapat sarang hewan berang-berang yang konon katanya memakan ikan sekitarnya.

Dalam menyusuri sungai atau kali oyo ini kita disuguhi pemandangan yang masih asri, selain jeram-jeram yang memang dicari tapi kontur bebatuan kali yang berupa bebatuan kapur ciri khas daerah tersebut sangatlah indah, bahkan anda akan menjumpai air terjun yang airnya menuju ke sungai. Di sekitar lokasi ini juga masih banyak ditemukan binatang biawak. Maka tak heran jika warga juga memburu biawak ini untuk di komsumsi dagingnya.

Artikel Terkait: