Kolam Hias Ikan Koi

Untuk membangun kolam koi dibutuhkan dana yang tidak sedikit, pengaturan yang baik akan memberikan hasil yang baik pada masa mendatang. Desain dan konsep yang baik […]

Untuk membangun kolam koi dibutuhkan dana yang tidak sedikit, pengaturan yang baik akan memberikan hasil yang baik pada masa mendatang. Desain dan konsep yang baik tak pernah lepas dari sisi estetika dan keindahan taman sekaligus memperhatikan konsep kolam yang sehat seperti system filtrasi, system pembuangan air, kelengkapan kolam modern seperti thermometer, system penyaringan air dan lain–lain.

Apa yang harus diperhatikan dalam membuat taman untuk kolam hias koi ?

1. Desain : Desain kolam koi harus memiliki persyaratan yang dibutuhkan bagi kehidupan ikan itu sendiri. Lokasi terbaik adalah taman dengan luas yang cukup lebar, sehingga dapat menampung sejumlah ikan, sekaligus dapat dibuat tempat yang cukup untuk menanam tanaman–tanaman peneduh serta hiasan taman yang serasi. Desain kolam hias koi harus memiliki persyaratan tanah yang luas mengingat ikan koi dapat tumbuh berkembang sampai 70 cm per ekornya, sehingga membutuhkan  tempat yang cukup lebar. Tanaman yang akan ditanampun harus dipilih yang tepat misalnya yang daunnya tidak mudah rontok dan mengotori kolam. Jenis–jenis tanaman tertentu dilarang ditanam di samping kolam, seperti cemara dan willow karena beracun.

2. Tempat : Tempat yang baik untuk membuat kolam koi adalah yang cukup menerima sinar matahari sepanjang tahun. Jauhkan kolam ikan koi dengan bangunan yang menyebabkan kolam dalam keadaan terhalang dari sinar matahari. Sinar matahari yang menyinari sepanjang tahun akan membantu pertumbuhan koi secara maksimal sekaligus menjaga air cukup hangat sehingga parasit air juga tidak mudah berkembang. Sinar matahari yang terlalu panas juga dikuatirkan membuat suburnya pertumbuhan ganggang air, sehingga air mudah menjadi hijau dan kotor. Pembuatan kolam koi juga harus memperhatikan pantulan sinar matahari, jika anda menaruhnya memantul langsung dengan matahari maka saat anda akan melihat ikan tersebut pandangan akan terhalang karena pantulan sinar matahari, dan kenyamanan anda saat melihat ikan koi akan sedikit terhalang.

3. Suply air : Sebagai komponen  utama kolam, pengaturan air yang baik adalah mutlak, air untuk mengisi kolam koi harus diambil dari sumber air yang jernih, atau jika memang lokasi anda tidak memungkinkan mendapatkan air dengan kualitas bersih, air tersebut harus anda murnikan dengan mengalirkannya pada filter, yang sekarang sudah tersedia sehingga sejumlah besar zat kimia dalam air dapat anda buang. Zat aditif air seperti klorin, dan kloramin, juga mineral–mineral yang terkandung di air, yang berlebih dapat dimurnikan dengan filter air.

4. Saluran pembuangan, saluran kabel listrik dan pipa air. Saluran ini mutlak perlu dibuatkan pipa khusus sehingga selain tidak sampai menggangu keindahan taman, juga menghindarkan ikan dari bahaya, misalnya karena kabel listrik untuk penerangan lampu. Harus ditata sedemikian rupa sehingga kolam koi semakin indah namun juga aman bagi ikan koi. (berbagai sumber)

Artikel Terkait: