Mancing Ikan Bloso

Muara merupakan tempat yang di huni banyak Species ikan air tawar juga ikan laut, tidak salah jika tempat pertemuan Air Tawar dan Air Laut ini […]

Muara merupakan tempat yang di huni banyak Species ikan air tawar juga ikan laut, tidak salah jika tempat pertemuan Air Tawar dan Air Laut ini salah satu yang menjadi tempat paling di sukai bagi para Pemancing.

Muara juga tempat satwa Aquatic dari family Crustaciae seperti Udang yang menjadi makanan kegemaran dari ikan dasar seperti Ikan Bloso (Glossogoblus gluris) yang masih sekerabat dengan Ikan betutu (Oxyeleotris marmorata), ikan Beloso di kenal memiliki daging yang empuk serta kaya akan Protein dan tidak kalah gurih dengan ikan lainya, tidak salah banyak orang yang suka memancing ikan ini.

Cara memancing ikan Beloso sangat mudah dan bisa di lakukan dengan alat pancing yang sederhana. Siapkan Joran dengan ukuran yang sesuai dengan selera, Joran yang di lengkapi dengan Roll lebih baik agar dapat melempar kail lebih jauh di tempat yang di inginkan, tapi Joran Tegeg juga tidak masalah mengingat Ikan Beloso juga sering berada di area dasar pinggiran sungai.

Kail yang di gunakan tidak perlu terlalu besar dan jangan terlalu kecil, karna Ikan pemakan udang ini suka menelan mangsanya lebih dalam, untuk menghindari kesulitan melepas kail dari tubuh ikan Beloso gunakan Kail Carbon berukuran 6-8 dengan Kenur/senar 5mm itu sudah cukup.

Umpan untuk memancing Ikan Beloso tidak sulit, umumnya para pemancing menggunakan Udang, Cacing dan Kepiting kecil. Gunakan teknik mancing dasar yakni tanpa menggunakan pelampung, dengan menggunakan timah agar kail yang sudah terpasangi umpan sampai ke dasar Air, cara ini lebih baik karena kebiasaan Ikan Beloso berada di dasar air.

Ikan yang mempunyai warna sedikit Transparan ini paling mudah di pancing di Area Pertambakan atau di pinggiran sungai yang banyak tumbuh pohon Bakau. (4ndysw4n)

Artikel Terkait: