Umpan Untuk Mancing Ikan Air Tawar

Umpan, merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan dalam memancing. Dengan beragamnya jenis ikan air tawar, maka umpan yang digunakan pun juga harus beragam. […]

Umpan, merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan dalam memancing. Dengan beragamnya jenis ikan air tawar, maka umpan yang digunakan pun juga harus beragam. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan yang cukup bagi para pemancing untuk menentukan umpan yang tepat dalam sebuah target memancing.

Berikut adalah jenis ikan air tawar dan makanannya agar kita bisa menentukan umpan yang tepat untuk mancing ikan di air tawar/ fresh water:

  • Ikan Mas (Carp Fish): Ikan ini tergolong ikan jenis Omnivora, yakni ikan pemangsa segala, baik tumbuh-tumbuhan atau hewan. Di alam liar ikan ini memakan hewan-hewan kecil dan tumbuh-tumbuhan yang terdapat di sekitar habitatnya, seperti cacing dan lumut. Ikan jenis ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat, sehingga jenis makanannya pun menjadi beragam. Makanan ikan mas hasil budidaya yang paling sering kita jumpai adalah pelet.
  • Ikan Nila: Sama seperti ikan mas, ikan nila juga tergolong jenis pemakan segala alias Omnivora. Hewan-hewan renik dan tumbuh-tumbuhan merupakan makanan favorit ikan ini di habitat alam liar. Ketika sudah menjadi ikan hasil budidaya biasanya ikan ini diberi makan pelet dan bekatul.
  • Ikan Tawes: Ikan asli Indonesia ini tergolong jenis ikan Herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Makanan ikan ini berupa rumput-rumputan dan lumut yang menempel di sekitar habitatnya.
  • Ikan Lele (Catfish): Ikan Lele termasuk jenis hewan Karnivora, yaitu pemakan daging. Makanan ikan lele di alam liar berupa binatang renik seperti kutu air, jentik nyamuk, serangga, siput atau keong kecil, dan cacing. Apabila sudah dibudidayakan, ikan lele biasa diberi makan pelet dan limbah peternakan. Jenis ikan ini aktif mencari makan di malam hari.
  • Ikan Patin: Sifatnya mirip dengan ikan lele, yaitu termasuk ikan dasar dan aktif mencari makan di malam hari. Makanannya di alam liar berupa hewan-hewan kecil yang ada di sekitar habitatnya, antara lain ikan kecil, cacing, serangga, udang, dan siput. Terkadang ikan ini juga memakan biji-bijian. Pelet menjadi makanan ikan ini ketika sudah dibudidayakan.
  • Ikan Gurami: Ikan ini masuk didalam golongan ikan pemakan segala, namun setelah ikan ini dewasa cenderung memakan tumbuh-tumbuhan seperti azolla, kangkung, genjer, dan beberapa tumbuhan air lainya. Selain itu ikan ini sering juga diberi makan daun talas, daun pepaya, dan daun ubi kayu. Dapat juga diberi makan pelet.
  • Ikan Bawal: Merupakan ikan idola para pemancing di kolam karena dikenal gesit, sehingga sangat menantang para pemancing untuk menaklukkan ikan ini. Ikan ini termasuk dalam golongan hewan Karnivora. Di perairan bebas, ikan ini memangsa ikan-ikan kecil, udang, atau serangga air. Apabila sudah dibudidaya ikan ini menyukai pelet.

Dengan sedikit ulasan diatas, semoga dapat membantu para pemancing untuk menentukan umpan yang akan persiapkan ketika hendak mancing di perairan air tawar.

(Petunjuk Praktis Memancing Ikan Air Tawar)

Artikel Terkait: