Penyebaran Bibit Ikan : Situ Babakan

Tanggal  : 20 Juni 2008
Lokasi  : Situ Babakan

Kampung Situ Babakan adalah cagar kebudayaan Betawi yang didirikan pada 1999 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sutiyoso. Puluhan rumah adat Betawi berdiri di areal seluas 289 hektare ini. Di kampung ini juga masih ditemukan tanaman dan pohon khas Betawi seperti belimbing, kecapi, dan jamblang. Di cagar budaya ini bisa ditemukan tradisi Betawi asli dari mulai makanan hingga bentuk rumah. Situ Babakan yang letaknya 20 kilometer dari pusat kota ini boleh dikatakan sebagai benteng terakhir pelestarian budaya Betawi.

Lingkungan alam yang hijau dan sejuk membuat tempat ini menjadi alternatif untuk sebagian warga Jakarta yang ingin menikmati suasana alam yang masih segar, atau sekedar menghabiskan waktu dengan memancing ikan dipinggir situ yang memiliki luas kurang lebih 65 hektar ini. Tak jarang memang terlihat beberapa orang pemancing sambil duduk asyik menikmati makanan khas betawi yang memang tersedia disana.

Pada tanggal 20 Juni 2008, IFT yang diwakilkan oleh Purnomo berkesempatan mengunjungi Situ Babakan untuk tujuan sosial yaitu “Penyebaran Bibit Ikan mas”, dalam rangka menjaga kelestarian alam terutama ekosistem perairan. Dengan harapan, beberapa tahun ke depan ikan-ikan tersebut sudah tumbuh besar dan bisa dipancing. Dengan begini secara tidak langsung “mancing” menjadi semakin populer di kalangan warga.