Joran (bagian 1)

Joran (bagian 1)

Joran (bagian 1)

Joran / Rod adalah alat yang digunakan oleh pemancing untuk mengarahkan atau mengajar ikan. Joran modern selalu terdiri dari tangkai joran (rod blank / body), yang dilengkapi dengan penahan joran (rod butt / gimbal), dudukan penggulung (reel seat), pegangan joran (rod grip / handle) dan beberapa penuntun senar (line guide) berbentuk cincin atau roda. Tidak ada satu joran yang dapat dipakai / cocok pada semua jenis pemancingan, maka dari itu dibuatlah berbagai macam jenis alat-alat pancing.

Semua joran mempunyai tulang belakang (Back Bone / bagian yang paling tebal), tetapi tidak semua joran sama letak persisnya back bone. Cara mencarinya dengan diberikan beban pada joran yang masih belum dipasang cincin. Tempat dimana lebih terbeban merupakan tempat dimana diaerah sebelah atasnya terletak back bone joran tersebut. Biasanya bagian joran yang memiliki back bone lebih tebal dibandingkan dengan tempat lainnya. Back bone berguna untuk membuat joran supaya tidak melintir apabila terbebani. Maka dari itulah back bone sangat penting untuk joran yang digunakan di laut / memancing dengan cara trolling. Karena pembuatannya memakan waktu lama dan biaya yang besar maka pada umumnya joran kelas menengah ke atas harganya relatif lebih mahal.

Bagian Joran Dan Bahan Bakunya

Tangkai / Blank / Body

Tangkai atau body adalah suatu batang joran dari ujung atas sampai ke ujung bawah, termasuk juga tempat dudukan dari penuntun senar (line guide). Bahannya terdiri dari : Fiberglass, Mix carbon (campuran antara fiberglass dan carbon) dan High Carbon.

Penuntun Senar / Line Guide

Berfungsi sebagai tempat jalannya senar. Bahannya terbuat dari kawat, metal, plastik dan keramik. Bahan keramik lebih disukai karena permukaannya licin sehingga lebih tahan terhadap gesekan senar dan senar pun tidak mudah putus / berserabut. Bahan keramik kualitas baik seperti SIC / Silicone Carbide (standar untuk joran non trolling) keluran dari pabrik Jepang, sedangkan AFTCO (standar untuk joran trolling) keluaran dari Amerika.

Dudukan Ril / Reel Seat

Sebagai tempat ril dipasang. Bahannya terdiri dari : Plastik, Graphite (seperti plastik tetapi lebih padat dan kuat), Aluminium dan Stainless.

Gagang / Grip / Handle

Merupakan pegangan dari tangkai joran. Biasanya dibentuk agar nyaman untuk dipegang. Bahnnya terbuat dari : Kayu, Plastik, Gabus, Busa, Karet dan Aluminium.

Bahan-Bahan Pembuat Joran :

Fiberglass, dibagi menjadi 2 model yaitu padat dan berongga. Joran fiberglass padat sangat kuat tetapi joran menjadi lebih berat dan kurang bagus aksi-reaksinya, sehingga hanya cocok untuk dibuat menjadi tangkai joran yang kecil. Sedangkan Joran fiberglass berongga juga kuat dan lebih ringan, kekuatan joran fiberglass ini tergantung dari tebal / tipisnya bahan fiber yang digunakan. Joran dengan bahan fuber ini tidak mudah patah, sehingga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Fiberglass yang berwarna kuning biasanya buatan Korea dengan menggunakan resin fiberglass, sedangkan yang berwarna hitam buatan RRC dengan menggunakan resin carbon.

High Carbon, joran high carbon ini mampu bereaksi dengan cepat karena sifatnya kaku dan ringan. Bahan carbon berupa serbuk carbon, jadi tidak mungkin tangkai joran dibuat dari full carbon. Tetapi harus ada kombinasi campuran bahan fiberglassnya, joran yang terbuat dari bahan High Carbon ini juga membutuhkan perwatan yang khusus karena joram mudah sekali tergores sehingga bisa merusak penampilan joran itu sendiri. Dari bentuk fisiknya bahan carbon ini sangat halus.

Mix Carbon, bisa juga disebut komposit yaitu campuran dua atau lebih bahan modern pembuat tangkai joran. Biasanya komposisi bahannya terdiri dari fiber dan carbon (graphite) dan masih banyak lagi variasinya. Tujuan dari pencampuran ini adalah agar sifat keunggulan dari masing-masing bahan dapat dimaksimalkan. Pada saat ini hampir semua pabrik telah memakai mix carbon sebagai bahan baku tangkai joran, semakin tinggi kadar carbonnya semakin kaku dan mahal harga joran tersebut.

Pada umumnya tidak semua pabrik pembuat joran menyatakan persentase kandungan bahan campurannya secara jujur. Pembuat joran biasanya hanya menyebutkan carbon/graphite tanpa memperdulikan benar-benar carbon atau fiber carbon. Bahan dasar keduanya memang sama-sama carbon, namun teknik pembuatan sesungguhnya berbeda. Carbon/graphite lebih ringan dan mempunyai reaksi yang jauh lebih cepat ketimbang fiberglass. Itulah sebabnya bagi pemancing yang memerlukan kekuatan dan ketepatan lemparan kail, seperti mancing ala casting, joran ini lebih disukai. Biasanya joran ini harganya relative tinggi dan juga mudah patah, sehingga memerlukan perlakuan yang lebih hati-hati dibandingkan dengan joran fiberglass.

4 thoughts on “Joran (bagian 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>