• -6.153636, 106.792756

Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan terletak di Desa Aranio, Kabupaten Banjar, waduk ini menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Betapa tidak waduk yang dibangun dengan menenggelamkan sembilan desa pada 1963 tersebut menjadi sumber air baku PLTA, PDAM, pertanian dan perikanan, hingga obyek wisata.

Permukaan air waduk Riam Kanan, Kabupaten Banjar tengah surut. Kondisi ini diakui para petani ikan, tidak sampai mempengaruhi jumlah hasil tangkapan. Ikan masih melimpah.

Bila pagi, suasana jual beli ikan di dermaga Waduk Riam Kanan begitu ramai. Hal ini menjadi pemandangan dan hiburan tersendiri, khususnya bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Ikan hasil tangkapan terbilang besar-besar. Ikan yang terdapat di waduk ini diantaranya, ikan puyau, ikan mas, haruan hingga nila.

Selama perjalanan menuju waduk ini anda akan ditemani bukit-bukit terjal di kiri kanan jalan yang menambah cantik pemandangan. Hamparan sawah yang menghijau serta perkampungan penduduk desa yang terlihat bersahaja semakin memanjakan mata yang bosan dengan kehidupan perkotaan.

Berbagai macam objek wisata bisa anda lakukan di tempat ini. Di tempat ini anda bisa memancing karena ikan yang terdapat di waduk ini sangat melimpah, ukurannya pun terbilang cukup besar, bahkan bisa mencapai 15 kg. Selain itu, anda bisa mengunjungi pulau-pulau pinus yang terdapat di tengah waduk.

Anda bisa mengunjungi pulau-pulau pinus tersebut dengan menyewa perahu klotok yang terdapat di pelabuhan. Untuk menuju Pulau Pinus pertama, biaya sewa yang dikenakan hanya sebesar Rp. 75 ribu saja. Sedangkan untuk menuju Pulau Pinus kedua dikenai biaya sebesar Rp. 100 ribu, karena letaknya yang lebih jauh.

Saat berada diatas klotok yang melaju, pesona Riam Kanan benar-benar eksotis. Hamparan air waduk yang menghijau, perbukitan yang asri, langit yang membiru serta puluhan rumah terapung adalah paket yang ditawarkan Riam Kanan yang dapat disaksikan dari atas klotok.

Sesekali sampan kecil bermesin terlihat melaju diatas luasnya waduk Riam Kanan. Mereka adalah para nelayan yang membawa ikan hasil tangkapan untuk dijual ke pasar. Selain itu, jembatan panjang yang membelah waduk serta rimbunnya ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi di tengah waduk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Waduk Riam Kanan.

Waduk Riam Kanan
Desa Aranio, Kabupaten Banjar
Kalimantan Selatan

(Berbagai Sumber)

2 thoughts on “Waduk Riam Kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>