Rumah Sakit Persahabatan

Rumah Sakit Persahabatan adalah sebuah rumah sakit yang terletak di Jakarta Timur, Indonesia. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit yang dibangun atas kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Rusia dan diresmikan pada tanggal 7 November 1963. Didirikan di atas lahan seluas kurang lebih 134.521 m2, merupakan rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit respirasi (pernapasan). Fasilitas yang tersedia antara lain Rawat Jalan Asma, Rawat Jalan PPOK, TB DOTS Executive Room, Pusat Kesehatan Respirasi dan Layanan Spesialistik Terpadu Griya Puspa, fasilitas spirometri, bronkoskopi, torakoskopi, sleep apnea lab, bangsal respirasi, ruang isolasi, ruang kemoterapi, layanan laboratorium patologi klinik & mikrobiologi, patologi anatomi dll.

Rumah Sakit Persahabatan adalah rumah sakit tipe B yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, yang secara administratif merupakan rumah sakit vertikal di bawah Departemen Kesehatan RI, cq. Direktur Jenderal Pelayanan Medik. Tahun 1961 RS. Persahabatan mulai dibangun yang merupakan sumbangan dari Pemerintah Rusia kepada pemerintah Indonesia. Penyerahan secara resmi pada tanggal 7 Nopember 1963 yang kemudian dikenal sebagai hari jadi Rumah Sakit Persahabatan Tugas pokok dari RSUP Persahabatan mempunyai tugas melaksanakan upaya kesehatan secara berdayaguna dan berhasilguna, dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan, serta melaksanakan upaya rujukan.

Rumah Sakit Persahabatan merupakan Pusat Rujukan Nasional Kesehatan Paru, serta Laboratorium  Kuman  Tuberkulosis  dan mendapat pengakuan international sebagai “WHO Collaborating Centre”. Saat ini Rumah Sakit Persahabatan sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Pusat Kesehatan Respirasi Nasional yang nantinya dapat menanggulangi secara aktif masalah kesehatan respirasi di Indonesia. Selain itu juga melaksanakan pelayanan prima di bidang kesehatan respirasi baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta bersifat comprehensive and one stop service untuk berbagai disiplin terkait dengan kesehatan respirasi.

Pelayanan yang diberikan Rumah Sakit ini bertaraf international dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan menjawab persaingan global. Rumah Sakit Persahabatan merupakan rumah sakit pendidikan baik untuk pendidikan dokter spesialis dan juga untuk tempat pendidikan dan pelatihan dokter, perawat, petugas laboratorium, rekam medis dan petugas lain yang berasal dari berbagai daerah. Terwujudnya rumah sakit mandiri dan prima dalam pelayanan dengan unggulan kesehatan respirasi.

Fungsi Rumah Sakit Persahabatan :

  • Menyelenggarakan pelayanan medis
  • Menyelenggarakan pelayanan dan asuhan keperawatan
  • Menyelenggarakan pelayanan rujukan
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan
  • Menyelenggarakan administrasi umum dan keuangan

Misi Rumah Sakit Persahabatan :

  • Pelayanan kesehatan profesional, bermutu dan bersahabat untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, dengan menjalankan fungsi sosial.
  • Mengembangkan jiwa (sikap mental) wirausaha dalam menyelenggarakan pelayanan prima yang bertumpu pada pemberdayaan seluruh potensi rumah sakit dan penggolongan kemitraan seluas-luasnya.
  • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan respirasi dalam kedudukannya sebagai pusat rujukan nasional, pusat pendidikan dan pusat pengembangan keilmuan di bidang kesehatan respirasi yang bertaraf international.
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan yang bermutu.

Didirikan : 7 November 1963
Kapasitas Pasien : 540 Tempat Tidur
Alamat : Jl. Persahabatan Raya No.1 Jak-Tim
Telepon : (021) 4891708, 4891745, 4751741
Fax : (021) 4711222, 4890778

(berbagai sumber)

Artikel Terkait: