SMA Negeri 5 Surabaya

SMA Negeri 5 Surabaya

SMA Negeri 5 Surabaya

SMAN 5-SURABAYA,  merupakan salah satu SMAN terbaik di Surabaya, terbukti dengan berhasilnya para siswa SMAN 5 yang merebut juara pada tiap perlombaan mata pelajaran, ekstrakurikuler, paduan suara dll baik tingkat antar SMA, daerah ataupun tingkat nasional. Sekolah yang beralamat di jalan Kusumabangsa No.21 Surabaya ini pernah mengirimkan siswanya sebagai wakil Indonesia dalam perlombaan “Olimpiade Astronomi Internasional XII dan XIII”, dan berhasil meraih medali perunggu (XII) di Ukraina dan medali perak (XIII) di Italia.

SEJARAH SINGKAT

SMA Negeri 5 Surabaya dibuka pada tanggal 1 Agustus 1957 sebagai pecahan dari SMA II/B berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP. & K tanggal 18 Desember 1956 No. 6738/B III yang pada waktu itu masih bernama SMA V/B (Jurusan Pasti/Alam) ditempatkan pada gedung yang sama dengan SMA I/A dan SMA II/B. Kemudian pada tanggal 12 Oktober 1957 terbentuklah Persatuan Pelajar yang sekarang disebut OSIS yang sekaligus pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari kelahiran SMA Negeri 5 Surabaya.

Sejak dibukanya SMA V/B pada tanggal 1 Agustus 1957 yang dipimpin oleh Bapak Ibnu Darmawan sampai dengan 1966, pada waktu itu SMA V/B dimulai 10 kelas yang terbagi atas 4 kelas I, 3 kelas II dan 3 kelas III dengan 25 orang guru dan karyawan.

Pada tahun 1963/1964 mulai ada penjurusan Pasti/Alam dan Sosial Budaya sekaligus perubahan nama SMA V/B menjadi SMA Negeri 5 Surabaya sampai Sekarang. Bapak Ibnu Darmawan digantikan oleh Bapak Soepeno yang menjabat sampai tahun 1978. Di dalam kepemimpinan beliau karena kebutuhan kelas makin bertambah akhirnya pada tahun 1974 SMA Negeri 5 Surabaya mendapat bantuan tambahan kelas sebanyak 4 lokal dari pemerintah.

Pada Tahun 1978 setelah BapaK Soepeno pensiun, SMA Negeri 5 Surabaya dipimpin oleh Bapak Aris Moenandar sampai tahun 1983. Dalam kepemimpinan beliau karena jumlah siswa semakin bertambah maka dibukalah kelas pagi dan siang. Pada tahun 1983 karena Bapak Aris Moenandar dipindah di SMA Negeri 4 Surabaya maka SMA Negeri 5 Surabaya dipimpin oleh Bapak Soehartojo sampai dengan tahun 1989. Dalam kepemimpinan beliau, beliau sempat merubah bentuk fisik SMA Negeri 5 Surabaya yang semula beralamat di Jalan Wijaya Kusuma 48 berubah menjadi Jalan Kusumabangsa 21.

Pada tahun 1989 Bapak Soehartojo memasuki masa pensiun dan kepemimpinan SMA Negeri 5 Surabaya diganti oleh Bapak Achmad Rohadi. Dalam kepemimpinan beliau, pada tahun 1991 beliau berhasil memindahkan para penghuni asrama yang terdiri dari 21 Kepala Keluarga untuk pengembangan SMA Negeri 5 Surabaya.

Pada tahun 1992 Bapak Achmad Rohadi mendapat tugas menjadi Kepala Sekolah di Riyard, maka kepemimpinan SMA Negeri 5 Surabaya diganti oleh Drs. Soeparto sebagai PLH sejak bulan Januari s.d. Juni 1992, kemudian secara resmi pimpinan SMA Negeri 5 Surabaya diganti oleh Bapak I.K. Trioka Adnjana.

Dalam kepemimpinan beliau, beliau berkerjasama dengan pengurus BP-3 pada tahun 1994 berhasil membangun 8 lokal di areal bekas asrama, sehingga mulai saat itu sekolah bisa masuk pagi semua. Selain itu berhasil membangun Perpustakaan dan Masjid yang dananya mendapatkan bantuan dari pemerintah dan bekerja sama dengan BP-3, dan juga membangun Aula yang dananya dari bantuan Gubernur Jawa Timur. Pada tahun 1997 Bapak I.K. Trioka Adjana memasuki masa pensiun dan tugasnya digantikan oleh Bapak H. Abdul Mukti, S.Pd. beliau memimpin SMA Negeri 5 Surabaya dari tahun 1997 sampai dengan Juli 2002 memasuki masa pensiun, maka untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di SMA Negeri 5 Surabaya, Pemerintah Kota menunjuk Bapak Drs. Abdul Latif sebagai pengganti beliau sebagai PLH sejak Juli s.d. Oktober 2002. Kemudian pada Oktober 2002 SMA Negeri 5 Surabaya dipimpin oleh Bapak Drs. H. Wahid Abdul Rachman, M.Si.

Pada tahun 2007 digantikan oleh Drs. Suhariono, M.M. Sejak kepemimpinan beliau Teknologi Informasi dan komunikasi mulai dikembangkan, mulai pemanfaatan DataBase, Sarana Prasarana Teknologi Informasi hingga Website Sekolah yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan Publik.

SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas yang dimiliki SMAN 5 Surabaya antara lain :

1. Ruang kelas dengan luas yang memadai serta dilengkapi dengan AC, LCD Projector dan komputer untuk beberapa kelas.

2. Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa dan Komputer yang sudah terkoneksi dengan Internet

3. Wireless LAN (Wi-Fi) area

4. Ruang Perpustakaan yang luas dan nyaman

5. UKS yang dilengkapi dokter khusus

6. Kantin, Koperasi Siswa, Lapangan Olah Raga Voli, Basket, Pendopo dll

Fasilitas dan Sarana Pendukung akan terus dikembangkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan sebagai kelengkapan menjadi Sekolah Nasional Bertaraf Internasional ( SNBI )

SISTER SCHOOL

Dikarenakan SMA Negeri 5 Surabaya telah menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional maka SMA Negeri 5 telah melakukan Sister School dengan beberapa sekolah di luar negeri seperti di Singapura dan Australia. beberapa hari lalu SMA Negeri 5 Surabaya juga menandatangani MOU dengan Sekolah Asal Jerman. Semoga dalam waktu dekat SMA Negeri 5 Bisa menjalin kerja sama lagi dengan berbagai sekolahan di luar negeri khususnya negara-negara maju dalam bidang pendidikan.

PRESTASI SEKOLAH

Berikut sebagian kecil prestasi yang sudah di raih oleh SMA Negeri 5 Surabaya antara lain :

1. Medali Perak dan Perunggu            : Olimpiade Astronomi Internasional XII (Ukraina) dan    XIII (Italy)

2. Juara II                                                   : Olimpiade Fisika Tingkat Jawa Timur

3. Juara I                                                    : Bridge League Tingkat Nasional

4. Juara III                                                : Karya Tulis Ilmiah Tingkat Jawa-Bali

5. Juara I                                                   : Lomba Debat Ekonomi Tingkat Jawa-Sumatera

6. dan lain-lain.

SMA Negeri 5 Surabaya
Jl. Kusumabangsa No.21 Surabaya, 60272, Indonesia
Telepon: +62-31-5345155
Fax: + 62-31-5469721

2 thoughts on “SMA Negeri 5 Surabaya

  1. skhandayani

    aku juga pengen masuk SMAN 5 Surabaya, tapi bingung syarat”nya gimana untuk tahun ini.. soalnya aku dari luar kota.. semoga aku bisa ketrima di SMAN 5 Surabaya.. amiin :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>