Universitas Azzahra

Universitas Azzahra merupakan perguruan tinggi yang memiliki standar kompetensi dengan kurikulum yang disesuaikan pasar kerja sehingga dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa untuk membentuk sumber daya […]

Universitas Azzahra merupakan perguruan tinggi yang memiliki standar kompetensi dengan kurikulum yang disesuaikan pasar kerja sehingga dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa untuk membentuk sumber daya manusia yang handal sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja baik nasional maupun internasional.

Universitas Azzahra berdiri pada tanggal 25 Agustus 1995, atas prakarsa tokoh-tokoh Nasional di antaranya Ir. H. Fadel Muhammad sekarang sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI dan Prof., Dr. Baharudin Lopa (Mantan Jaksa Agung). Dimana Rektor Universitas Azzahra pertama kali Dr (HC)., dr. KH. Tarmizi Taher (Mantan Menteri Agama RI) sedangkan sekarang Rektor Universitas Azzahra dijabat oleh Drs. Syamsu A. Makka, M.Si (Mantan Sekpel. Kopertis Wilayah III). Yayasan Universitas Azzahra dipimpin oleh Dr. Syahrial Yusuf, SE., MM., MBA. yang merupakan tokoh Reformasi Pendidikan Nasional dan sekaligus Pengusaha yang memiliki komitmen dalam pengembangan Pendidikan Nasional,  juga aktivis di organisasi profesi antara lain Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), KADIN JAYA.

Pada saat ini, Universitas Azzahra mempunyai 6 (enam) fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Psikologi
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. Fakultas Agama Islam
  6. Fakultas Teknik dengan 13 jurusan

Keenam fakultas ini secara keseluruhan telah terakreditasi sejak tahun 2000 dan menyelenggarakan secara mandiri.Berkat perjuangan yang tidak mengenal berhenti ini, maka kini Universitas Azzahra menjadi Universitas pelopor dalam mencetak Enterpenuer Muda sejak masih di bangku kuliah.

Hal ini sudah diakui pula oleh Kementrian Koperasi dan UKM yang disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM dalam orasi ilmiah wisuda sarjana S1 pada tanggal 25 Pebruari 2010, yang mengemuka dari itu semua, Universitas Azzahra merupakan universitas pertama di Indonesia yang memiliki kontribusi dalam mewujudkan kemandirian generasi muda dan mengatasi pengangguran. Dengan kondisi yang terus ditingkatkan, kini Universitas Azzahra dengan bangga tetapi rendah hati siap menyongsong masa depan, untuk ikut serta dalam tugas bersama mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya” dalam menuju bangsa Indonesia yang bermartabat dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Visi
Menjadi Universitas Unggul ditingkat Nasional bertaraf Internasional Dalam bidang pendidikan dan teknologi.

Misi

  • Sebagai Universitas yang memiliki peranan secara aktif dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menghasilkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menghasilkan tenaga terampil berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berbudaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  • Meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan bangsa.Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia sesuai bidang keahliannya.

Tujuan Pendidikan

  • Mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengembangkan kerjasama institusional hingga tingkat internasional.
  • Mengupayakan dan mengembangkan penelitian/riset terapan guna meningkatkan taraf hidup dan memperkaya khasanah budaya bangsa.
  • Memelihara dan mengembangkan ilmu, teknologi dan budaya sejalan dengan tuntutan.

Program Studi

Diploma (D3)
-Manajemen keuangan dan perbankan

Sarjana (S1)
-Ekonomi
-Psikologi
-Hukum
-Sosial & Politik
-Agama Islam
-Teknik: Industri, Sipil, Elektro, Arsitektur

PascaSarjana (S2)
-Magister Ilmu Ekonomi Islam
-Magister Ilmu Administrasi
-Magister Manajemen Pendidikan
-Magister Manajemen
-Magister Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
-Magister Ilmu Hukum

Program Unggulan
-Akuntansi Publik
-Manajemen Bisnis
-Psikologi Terapan
-Keuangan Perbankan Syariah

Fasilitas

  1. Ruang Kelas yang nyaman dilengkapi dengan AC setiap ruangan.
  2. Ruang Praktek Gambar.
  3. Laboratorium Komputer dengan menggunakan komputer (PC) yang selalu diupayakan menyesuaikan perkembangan teknologi. Menggunakan Local Area Network (LAN) dan dilengkapi pendingin ruangan (AC).
  4. Ruang Pengadilan Semu sebagai sarana praktikum Fakultas Hukum.
  5. Untuk mempercepat penyampaian materi kuliah maka setiap kelas dilengkapi dengan OHP/LCD/Tape/TV.
  6. Perpustakaan dan ruang baca untuk mahasiswa. Dilengkapi dengan buku-buku ilmiah rujukan dari para dosen sebagai sarana meningkatkan wawasan mahasiswa. Tersedia media informasi lainnya (surat kabar, majalah, jurnal). Bahan bacaan dapat dibaca ditempat atau dipinjam dalam jangka waktu tertentu.
  7. Internet Corner (Wi Fi Zone).
  8. Auditorium Baharudin Lopa.
  9. Broadcasting Studio. Sarana praktikum untuk mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran.
  10. Lift.
  11. Sarana Ibadah (Musholla).
  12. Kantin
  13. Parkir
  14. Student Activity (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Universitas Azzahra
Jl. Jatinegara barat No. 144
Kampung Melayu
Jakarta Timur
Telp. (021) 2800 647
Faks (021) 2800 646

Artikel Terkait: