Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Dengan kampus utama di Serang dan kampus Fakultas Teknik yang berada di Cilegon. Pada awalnya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bernama Universitas Tirtayasa yang dikelola oleh Yayasan Tirtayasa dan resmi menjadi Universitas Negeri dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No 32 tahun 2001, tertanggal 19 Maret 2001 dengan nama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terdiri dari enam fakultas, yaitu Fakultas Ekomoni, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sultan Ageng Tirtayasa kampus Serang berada di Jalan Raya Jakarta Km.4 Pakupatan Serang Provinsi Banten Telp (0254) 395502. Sedangkan kampus Fakultas Teknik berada di Jalan. Jend. Sudirman Km.3 Cilegon Provinsi Banten.

Didirikan: 1 Oktober 1984 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 19 Maret 2001

Program Studi
“Fakultas Hukum”

  • Hukum

“Fakultas Ekonomi”

  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Jurusan/prodi. Ekonomi Pembangunan

“Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan”

  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Luar Sekolah
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

“Fakultas Pertanian”

  • Jurusan/prodi. Sosial Ekonomi Pertanian/Agrobisnis
  • Jurusan/prodi. Agronomi/Agroteknologi
  • Jurusan/prodi. Perikanan

“Fakultas Teknik”

  • Teknik Kimia
  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro
  • Teknik Metalurgi
  • Teknik Industri
  • Teknik Mesin

Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan pada tahun 1986 dengan dukungan dari kaum cendikiawan dan tokoh masyarakat dengan membuka Jurusan Manajemen. Atas anjuran dan dukungan PT. Krakatau Steel maka Fakultas Ekonomi membuka Jurusan Akuntansi pada tahun 1987 guna memenuhi kebutuhan tenaga akuntan.Fakultas Ekonomi mendapatkan status terdaftar pada tahun 1989 dengan SK Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 0031/0/1989. Mengalami perkembangan dan kemajuan yang lebih baik pada tahun 1998 Fakultas Ekonomi mendapat status diakui untuk Jurusan Manajemen dan status terdaftar untuk Jurusan Akuntansi dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tingi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor 133/IKTI/KEP/1998.Sejak penegerian UNTIRTA definitive April 2004 Jurusan Manajemen mendapatkan Nilai Akreditasi B dengan SK No.003/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2006.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan fakultas tertua dengan program studi terbanyak di Untirta. Mahasiswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 tidak lagi didominasi oleh lulusan SMA di Banten tapi juga luar daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah dan Timur tapi juga wilayah Sumatera seperti Lampung, Padang, Medan dan Palembang. Hal ini menunjukkan bahwa FKIP Untirta telah menjadi salah satu pilihan calon Mahasiswa Nasional yang masih akan terus berkembang. Pengajar banyak didominasi dosen muda dari lulusan Universitas terbaik di Indonesia. Dengan bimbingan para profesor yang ada diharapkan muncul inovasi baru dalam bidang pendidikan. Program studi yang beragam bisa dijadikan acuan bagi para pelajar yang hendak melanjutkan studi di Untirta khususnya berkaitan dengan pendidikan. Tiap jurusan memiliki jejaring baik dengan pihak swasta maupun asing dalam usaha peningkatan mutu kualitas lulusan. Lulusan diarahkan untuk menjadi pengajar-pengajar profesional dengan etika-etika pendidikan yang ada. Lulusan FKIP Untirta telah banyak direkrut oleh lembaga kependidikan swasta maupun asing yang berdomisili di Banten dan sekitarnya.

Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan tahun 1984, merupakan salah satu lembaga pendidikan negeri terkemuka di Banten yang mencetak tenaga profesional dan tenaga akademik di bidang pertanian. Pada saat awal kelahirannya Fakultas Pertanian Untirta mempunyai satu Jurusan yaitu: Sosial Ekonomi Pertanian. Dalam perkembangan berikutnya tahun 2002 melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 496/ D/T/ 2002, Fakultas Pertanian membuka Program Studi Agronomi. Pada tahun 2008, sesuai surat Dirjen DIKTI Nomor: 547/D/T/2008 tangal 5 Maret 2008 tentang izin penyelenggaraan Program Studi Perikanan (S1) pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pihak universitas menambah satu program studi baru yaitu Program Studi Perikanan.

Fakultas Teknik
Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berlokasi di Cilegon. Keberadaan jurusan-jurusan yang ada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan respon Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terhadap keberadaan dunia industri di propinsi Banten. Untuk mendukung berjalannya kurikulum, masing-masing jurusan dilengkapi laboratorium-laboratorium. Laboratorium ini menjadi pendukung utama bagi mahasiswa untuk menyelesaikan perkuliahan sekaligus membantu para dosen dalam penyelenggaraan penelitian-penelitiannya. FT Untirta berdiri di atas tanah seluas ± 3 hektar dan dalam waktu dekat ini akan menambah luas wilayahnya menjadi 18 hektar. Penambahan ini dimaksudkan untuk merespon kebutuhan akan ruang yang lebih banyak lagi, karena peningkatan mahasiswa Fakultas Teknik yang cukup signifikan tiap tahunnya.

Untuk mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, FT Untirta sejak tahun 1998 menyelenggarakan Program BEASISWA D1 Operator Industri Kimia bekerja sama dengan Asosiasi Industri Kimia (AMC//CMA), Pemerintah kota Cilegon & Industri lainnya bagi putra daerah Banten. Program Beasiswa yang juga dikenal dengan P3TIK (Program Pendidikan & Pelatihan Teknisi Industri Kimia) ini telah berjalan 12 tahun (data tahun 2010). Hal ini merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Community Development) yang sering disebut CSR-Corporate Social Responsibility, dan telah meluluskan 350 orang dengan jumlah alumni yang bekerja sekitar 81 % di Banten, Jakarta & Timur Tengah (Qatar, Saudi Arabia, UAE, dll).Selain itu sebagai upaya berperan aktif dalam menyiapkan SDM berkualitas pada bidang IT, maka Fakultas Teknik Untirta pada tahun ajaran 2009/2010 membuka program Diploma III Teknik Komputer dan Multimedia. Program ini berada di bawah naungan Jurusan Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan pada tahun akademik 2002/2003 dan mendapat Izin Penyelenggaraan Program S1 Studi Administrasi Negara dan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi dari DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS melalui SK. Nomor :1179/D/ T/2003 tertanggal 10 Juni 2003. FISIP seiring dengan disahkannya SOTK Untirta oleh Mendiknas sebagai sebuah Fakultas mendapat legitimasi menjadi bagian dari Untirta, dengan nomor SK : 124/0/2004.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jalan Raya Jakarta KM. 4 Pakupaten Serang-Banten
Telp. (0254) 280330 Fax. (0254) 28125

(Wikipedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>