Bumbu Desa

Bumbu Desa

Bumbu Desa dari namanya sudah terbayangkan sajian khas masakan pedesaan bumi Parahyangan, Jawa Barat. Memang benar, di resto ini tersediaberbagai sajian khas makanan sunda, seperti sayur asam dan ikan gurame cobek dengan alunan musik Sunda yang khas. Setelah outlet pertamanya dibuka di Bandung, resto ini telah membuka cabang di berbagai kota di Indonesia. Bumbu Desa merupakan salah satu tujuan wisata kuliner bagi penggemar masakan khas Sunda. Apa saja yang menarik dari Bumbu Desa yang membuatnya berbeda dari wisata kuliner khas Sunda lainnya?

Wilujeng Sumping
“Wilujeng Sumping” adalah sapaan hangat yang pertama kali akan pengunjung terima dari penerima tamu yang ramah, ketika memasuki Bumbu Desa. Ini adalah sapaan dalam bahasa Sunda yang berarti “Selamat Datang!” dan biasa digunakan sebagai sapaan akrab dan penuh kehangatan di antara penduduk desa bumi Parahyangan. Begitu memasuki restoran Bumbu Desa, nuansa pedesaan yang dikemas secara modern akan langsung terasa. Para pelayan atau pramusaji menggunakan pakaian khas warga desa seraya menunjukkan keramahtamahan kepada setiap pengunjung.

Setelah itu, pengunjung akan diberikan nomor meja oleh penerima tamu. Dengan menggunakan nomor inilah pengunjung akan mulai memesan makanan di meja prasmanan atau meja display. Pada meja antrian, tersedia berbagai menu khas makanan Sunda yang bisa dipilih. Pada saat pertama memesan makanan, pengunjung akan ditawarkan tiga pilihan nasi, yaitu nasi putih, nasi liwet atau nasi merah. Setelah itu, pengunjung bisa memilih berbagai jenis lauk khas Sunda yang tersedia. Setiap makanan dilengkapi tulisan yang membuat pengunjung tidak bingung menentukan pilihan. Tersedia pula lalapan yang disertai beberapa jenis sambal ulek yang khas dan nikmat yang dapat diambil setelah memesan makanan. Setelah itu tinggal menuju ke meja dengan nomor yang telah diberitahukan sembari menunggu makanan yang sudah dipesan diolah di dapur Bumbu Desa.

Pengunjung akan menikmati waktu menunggu pesanan sambil menikmati sajian khas alunan musik Sunda. Selain itu suasana interior Bumbu Desa juga dirancang seperti suasana pedesaan. Setiap outlet Bumbu Desa memiliki desain eksterior dan interior yang berbeda-beda dan dirancang agar pengunjung merasakan suasana pedesaan.

Makanan Khas Sunda
Menu yang cukup terkenal di sini adalah Gurame Cobek. Beberapa menu lainnya yang bisa dipesan dari resto Bumbu Desa adalah berbagai jenis ayam goreng seperti Ayam Goreng Laos, Ayam Goreng Bumbu Kecap, Usus Ayam Goreng dan Ati Ampela.

Berbagai jenis ikan dan udang juga tersedia di sini. Diantaranya ikan air tawar yang khas di dataran tinggi Parahyangan seperti Ikan Gurame Goreng, Kere Ikan Mas maupun Ikan Mas Goreng. Selain itu tersedia juga sajian khas dari Garut seperti Udang Rarong dan Ikan Paray yang merupakan ikan kecil yang sangat jarang dan dikembangbiakkan di daerah Garut maupun Jawa Barat. Dan  sajian seafood yang gurih seperti Udang Goreng Tusuk, Udang Peci, dan Cumi Goreng.

Makanan khas Sunda seperti Karedok dan Pencok Leunca dapat dinikmati di sini. Bagi Anda penggemar petai pun dapat menikmati sajian Petai Goreng ataupun Petai Bakar. Selain itu berbagai menu tumis seperti Tumis Kangkung, Tumis Genjer, Tumis Jamur, Tumis Leunca dan Tumis Cumi juga tersedia untuk menambah kelengkapan lauk makan. Berbagai jenis pepes khas Sunda pun tersedia seperti Pepes Ikan Mas, Pepes Ikan Bawal, Pepes Ayam, Pepes Jamur, Pepes Nasi Bakar, Pepes Tahu, Pepes Teri dan Pepes Peda yang dibuat dari salah satu jenis ikan, yaitu ikan Peda. Untuk menu sayur, Anda dapat menikmati sajian khas Sayur Asem khas Sunda yang nikmat atau Sayur Lodeh.

Cukup lengkap menu makanan yang ditawarkan di Bumbu Desa. Di beberapa outlet ditawarkan menu khusus seperti Tutut yaitu siput sawah. Anda juga dapat memesan berbagai minuman yang nikmat seperti Es Cendol, Es Kelapa maupun jenis minuman khas buah-buahan lainnya.

Harga Makanan
Meski tampilan eksterior dan interiornya tergolong bagus, namun harganya terjangkau. Dengan kisaran harga antara Rp. 3.000 hingga Rp. 30.000 per menu, sudah dapat menikmati sajian khas Sunda yang nikmat. Misalnya untuk nasi merah, usus ayam goreng, udang goreng tusuk, petai, tempe bacem dan sayur asem, pengunjung cukup merogoh kantong sekitar Rp. 45.000,-.

Hatur Nuhun
Setelah kenyang menikmati sajian khas makanan Sunda di Bumbu Desa, Pengunjung kembali disapa dengan ungkapan khas Sunda “Hatur Nuhun” ketika menuju pintu keluar. Artinya “Terima kasih” karena telah mengunjungi Bumbu Desa.

Daftar Cabang
Saat ini Bumbu Desa telah memiliki 30 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, serta telah memiliki cabang di Malaysia dan Singapore.

Jawa-Bali
Jl.Laswi No. 1, Bandung- Kedai Pertama Bumbu Desa
Jl.Pasirkaliki No. 160, Bandung
Rumah Mode factory outlet, Jl. Setiabudhi No. 41, Bandung
Jl. R.A. Kartini No. 59, Surabaya
Jl. Suryo No. 38, Kebayoran Baru, Jakarta
Jl. Padjajaran No. 18, Bogor
Jl. Boulevard Artha Gading Blok A2, Kelapa Gading, Jakarta
Jl. Cikini Raya No. 72, Jakarta
Jl. A. Yani No. 41 D, Sidoardjo
Urban Kitchen Lt.5 Pacific Place-Jakarta
Jl. Pluit Putra Raya No.16, Jakarta
Jl. Panjang Kav. 10, Kebon Jeruk-Jakarta
Jl. Cipto Mangonkusumo No.207, Cirebon
Jl. Raya Serpong BSD Sektor 4 Blok R1 Tangerang
Jl. Puputan Raya No. 42 Renon-Denpasar
Pasaraya, Lt.LG, JL. Iskandarsyah II No.2, Blok M, Kebayoran Baru-Jakarta
Jl. Kartini No. 8 Sagan, Yogyakarta
Jl. Tanah Abang II No. 97-99, Tanah Abang-Jakarta
Margo City, Lt. GF 09-10, Jl. Margonda Raya No. 358, Depok
Bekasi Cyber Park-Bekasi

Sumatera
Jl. Dr. Sutomo No.9 Talang Semut-Palembang
Jl. Raden Saleh No. 25, Padang
Jl. Yos Sudarso No. 3, Bukittinggi
Jl. Gajah Mada No. 32, Medan
Jl. Sudirman, Pekanbaru (in progress)

Kalimantan
Jl. Ahmad Yani, Balikpapan
Jl. Kayu Tangin, Banjarmasin (in progress)

Sulawesi-Papua
Mall Panakukang, Jl. Boulevard Ged. C, GF C1-12, 15, Makassar
Komplek Arta Mas, Manado (in progress)

Luar Indonesia
Curve, Mutiara Damansara, Malaysia
Lucky Plaza, Orchard Road, Singapore
Parkway Parade, Singapore
Suria KLCC, Malaysia

(Berbagai Sumber)

2 thoughts on “Bumbu Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>