Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang terletak di Desa Karang Tengah kecamatan Citeureup kabupaten Bogor ini terkenal dengan pemandian air panasnya yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit, kecuali patah tulang. Saat memasuki kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini, aroma wangi hutan pinus dengan sergap menyambut setiap pengunjungnya.

Keadaan Fisik Kawasan

  • Luas dan letak
    • Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar dengan luas 447.50 Ha ditetapkan berdasarkan SK. Menhut No.156/Kpts-II/88 tanggal 21 Maret 1988. Secara astronomis terletak antara 106 derajat 54? Bujur Timur dan 63 derajat 4? dan 6 derajat 36? Lintang Selatan. Menurut administrasi pemerintahan termasuk wilayah Desa Karang Tengah Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.
  • Topografi
    • Ketinggian GunungPancar berkisar antara 300-800 meter di atas permukaan laut. Keadaan lapanganlandai sampai bergelombang dengan kemiringan sekitar 15-80%. Bagian tertinggi yaitupada puncak gunung Pancar 800 meter dan Pasir Astana 700 meter.
  • Iklim
    • Berdasarkanklasifikasi Schmidt dan Ferguson, kawasn TWA Gunung Pancar termasuk dalam tipeiklim B dengan curah hujan rata-rata pertahun 3.000 ? 4.500 mm. Jumlah haruhujan per tahun berkisar antara 150-250 hari. Suhu udara rata-rata 24 derajat Cpada malam hari dan suhu tertinggi 33 derajat C pada siang hari. Kelembabanudara rata-rata 58-82%.

Potensi Biotik Kawasan

  • Flora
    • Tipe vegetasihutan di TWA Gunung Pancar terdiri dari hutan alam pegunungan, hutan tanaman dansemak belukar.
    • Tipe vegetasihutan alam terletak di lereng sampai puncak Gunung Pancar (15 Ha), jenistumbuhannya antara lain : Rasamala (Altingia exelsa), Huru (Quercus sp.), Beringin (Ficus Benyamina), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanopsisargentea), Jamuju (Podocaspus imbricatus), Rotan (Calamus sp) dan terdapatbeberapa jenis liana. Selain itu terdapat tumbuhan epiphyt yang menempel padapohon besar seperti Anggrek, Paku sarang burung (Asplenium nidus) dan Pakutanduk rusa (Platicerium coronarium).
    • Tipe vegetasihutan tanaman menempati sebagian besar kawasan ini (160 Ha). Adapun jenistanaman meliputi pinus (Pinus merkusii), Sengon (Albizia falcatria), KayuAfrika (Maesopsis emanii) dan Meranti (Shorea sp) yang ditanam pada tahun1982/1983. Sedangkan jenis tanaman lainnya adalah tanaman budi daya masyarakatseperti singkong, pisang, dan tanaman pertanian lainnya. Tumbuhan semak belukarterdiri dari jenis Kirinyuh, Harendong, Jarong, Saliara, Alang-alang dan lain-lain.
  • Fauna
    • Satwa yang beradadi kawasan TWA Gunung Pancar antara lain adalah : Owa (Hylobates moloch), Surili (Presbytis cornata), Kera (Macaca fascicularis), Jelaran (Ratufabicolor), Babi Hutan (Sus scrofa), dan jenis-jenis burung seperti Elang (Haliasturindus), Kutilang (Pygnonotus aurigaster), Ayam hutan Merah (Gallus gallus), Jalak (Sturnus melanopterus), Srigunting (Dicrurus paradiseus) dan Enggang(Buceros sp).

Potensi Wisata
Untukmemanfaatkan secara lestari potensi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, khususnya yang berupa obyek dan daya tarik wisata alam dan dalam ranka pengembangan kepariwisataan yang berwawasan lingkungan, serta untukmeningkatkan kesejahteraan masyarakat maka PT. Wana Wisata Indah di beri HakPengusahaan Pariwisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar sejak tahun 1994.

Daya Tarik Obyek
Kawasan TWAGunung Pancar memiliki obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah pemandian air panas, makam keramat dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan
Kegiatan wisatayang dapat dilakukan di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar adalah :

  • Wisata alam: Kegiatannya berupa hiking, berkemah, berkuda, bersepeda dan sejenisnya.
  • Wisata santai sambil berolah raga: Tenis, berenang (air panas), lintas alam dan lain-lain.
  • Wisata Konvensi: Kegiatan wisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi dan sebagainya.
  • Wisata budaya: Kegiatan berupa pergelaran seni tradisional dan ziarah ke makam keramat diPuncak Gunung Pancar.

Sarana dan Prasarana
Saat ini saranadan prasarana di TWA Gunung Pancar masih sangat minim, namun dalam waktu dekatrencananya akan di bangun berbagai fasilitas oleh PT Wana Wisata Indah, diantaranya : pembuatan pusat informasi, pondok kerja, sarana olah raga, campingground, tempat bermain anak-anak, sarana pemandian air panas, shelter,fasilitas penginapan dan ruang pertemuan.

Aksesibilitas
Untuk mengunjungilokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar dapat di tempuh melalui dua jalan, yaitu:

  • Lewat Pintu TolSentul menuju Desa Babakan Madang dan Desa Krangtengah dengan kondisi jalan beraspal cukup baik sejauh 13 Km dengan waktu tempuh 20 menit.
  • Melalui kota Bogor dengan melewati daerah Bogor Baru terus menuju Desa KarangTengah sejauh25 Km dengan waktu tempuh 1 jam.

(Berbagai Sumber)

2 thoughts on “Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>