Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai Kukup mengesankan dengan pesona keindahan pemandangan panorama pantai, pulau karang kecil, pasir putih mengesankan, aneka biota laut terutama ikan hias dapat dijumpai di lokasi obyek wisata Pantai Kukup ini dan gedung aquarium laut, letak lebih tepat di Kabupaten Gunung Kidul. Akses jalan mudah dilalui dengan berbagai alat transportasi darat dan sarana fasilitas memadai. Pantai Kukup ini, ramai dan nyaman dikunjungi wisatan di kala hari minggu/besar, liburan sekolah, maupun tahun baru.

Pesona Pantai Kukup keindahan dengan pulau karang kecil

Kesan pertama sudut pandang yang terlihat pemandangan indah panorama pantai, biota laut, keluarga bersama anak-anak banyak yang bermain air laut, dan pasir putih kalau arah lurus, sementara samping kiri tangga menuju bukit ada jembatan untuk menyeberang di pulau karang kecil yang terdapat gardu pandang dengan berteduh di situ sambil menikmati pemandangan indah desiran ombak Pantai Selatan disertai angin semilir laut terhirup segar di situ dan ke arah samping kanan namun butuh jalan kaki menuju bukit tapi boleh dibilang dekat, dilengkapi gardu pandang.

Ini bisa menjadi pilihan masing-masing selera, di Pantai nya tentunya sebagai tujuan utama dari para wisatawan, ramai pengunjung dan disebelah bukit kiri ada pulau karang kecil, sedangkan sebelah barat atau bukit bagian barat kurang begitu ramai, kemungkinan karena jarak tempuh butuh jalan kaki. Sebagai salah satu obyek Wisata Indonesia yang menarik yaitu masyarakat setempat juga melaksanakan upacara sedekah laut, sebagai tradisi budaya yang luhur dan bijak.

Di Pantai Kukup ini pengunjung atau wisatan dapat mengabadikan dengan foto wisata sebagai kenangan mengunjungi obyek wisata Pantai Kukup ini. Bermain pasir putih pantai, bermain air, mencari biota laut di pinggir pantai, duduk-duduk disekitar pantai sambil menikmati makanan ringan atau es kelapa muda menjadi salah satu pemandangan yang harus dinikmati.

Bila menginginkan oleh-oleh kuliner atau souvenir khas Pantai Kukup Gunung Kidul mudah diperoleh di area wisata ini, atau berlama-lama di obyek wisata pantai ini tersedia penginapan hotel di sekitar area. Namun bila Anda menginginkan mau singgah ke pantai-pantai Gunung Kidul lainnya di jaraknya cukup dekat diantaranya terkenal Pantai Krakal, Pantai Indrayanti, juga populer Pantai Pok Tunggal, Pantai Seruni yang indah, Pantai Ngobaran dan lain masih banyak lagi.

Fasilitas dan Sarana yang ada di obyek wisata Pantai Kukup

Berbagai fasilitas memadai dan nyaman ada disini, mencakup TPR/tiket masuk, sekitar area itu terlihat penjual kuliner laut, souvenir, warung makan, gedung aquarium laut, balai/gedung istirahat, mushola, MCK, penginapan, terakhir penjual biota laut dan jaring kecil dan tempat parkir yang luas.

Rute menuju Pantai Kukup akses jalan mudah dan nyaman

Dari Kota Yogyakarta dimulai perjalanan itu, bila menginginkan akses jalan cepat, nyaman dan mudah, (Ragamwisata) pilih jalan menuju Imogiri, kemudian daerah Panggang lalu di Saptosari, habis itu menuju Pantai Baron, akhirnya lokasi Pantai Kukup Gunung Kidul. Dalam perjalanan memang menyenangkan dengan akses jalan aspal halus mudah dilalui, naik turun bukit dengan pemandangan alam indah, pepohonan dan pesona khas desa yang asri. Hingga akhirnya di tempat parkir, lalu turun, terlihat yang pertama samping timur bukit. (ragamwisata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>