Pantai Samudra Baru

Kabupaten Karawang memiliki banyak aset wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Samudra Baru yang merupakan wisata andalan Kabupaten Karawang setelah Tanjung Pakis. Lokasinya berada di kecamatan Pedes 30 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. Kondisi jalan menuju lokasi tidak begitu buruk karena sudah diaspal dan tidak begitu banyak lobang.

Setelah melewati Rengasdengklok, sejauh mata memandang akan nampak sawah yang terbentang luas di kanan-kiri jalan dan sungai irigasi. Sungguh pemandangan yang sangat menyegarkan mata. Dari jalan ini Anda hanya perlu terus saja karena jalan akan berakhir sampai laut.

Pantai Samudra Baru dikelola oleh pemerintah daerah, Biaya tiket masuk per orang sebesar Rp.5000 dan parkir mobil sebesar Rp.10.000. Parkir sudah tersedia di dalam area pantai, bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri bahkan bisa diparkir sampai ke pinggir pantai

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung juga cukup memadai. Terdapat penyewaan perahu tradisional dan perahu karet serta tempat bilas air bersih bagi pengunjung yang berenang di laut. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai juga disediakan saung untuk duduk-duduk. Toilet di area pantai relatif bersih. Pengunjung dikenakan biaya pemakaian sebesar Rp.2000 per orang. Musholla kecil dan tempat wudhu juga tersedia. Bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner, di sepanjang pantai berderet warung makan tradisional dengan menu ikan bakar dan olahan seafood lainnya.

Pantai-Samudera-Biru2Pantainya relatif sepi tapi cukup bersih dan tidak banyak sampah. Di muara airnya agak kecoklatan namun semakin ke tengah airnya makin biru. Pasir pantainya bersih dan banyak kerang-kerang yang berbentuk unik yang terbawa ombak. Menyusuri tepian pantai sembari mengumpulkan kerang dan kepiting kecil akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pantai Samudera Baru memang belum terpoles dengan baik, pengunjung biasanya hanya datang saat liburan sekolah atau hari raya. Namun pantai ini menyimpan potensi besar jika benar-benar dikelola dengan serius.

Wisata yang satu ini dapat menjadi alternatif tujuan liburan bagi warga disekitar Karawang, Cikampek, Cikarang, Bekasi, karena tidak perlu terlalu jauh jika ingin berlibur menikmati suasana pantai. Jarak yang dekat membuat biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar sehingga masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawahpun bisa menikmatinya keindahannya. Bila ingin membawa oleh-oleh ikan segar, Anda bisa mampir ke tempat pelelangan ikan yang berada di bawah jembatan. Disana dijual hasil laut tangkapan nelayan lokal. (nusapedia)

Artikel Terkait: