Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar

Ombak kencang tampak pecah begitu menghantam karang. Di sekeliling, terlihat pemandangan alam yang mempesona. Inilah Tanjung Layar, pantai cantik di Banten yang menyulap akhir pekan Anda jadi luar biasa.

Tanjung Layar adalah sebuah tanjung di kecamatan Bayah, Lebak, Provinsi Banten. Di masa Hindia Belanda, tanjung ini namanya Java’s Eerste Punt atau “ujung pertama pulau Jawa”, maksudnya bila orang berlayar datang dari barat.

tanjung-layar0Ada dua rute yang bisa traveler lalui untuk mencapai desa ini. Rute pertama adalah Jakarta-Tangerang-Rangkasbitung-Malimping-Bayah-Desa Sawarna. Sedangkan rute kedua adalah Jakarta-Pelabuhan Ratu-Bayah-Desa Sawarna. Kemudian Apabila anda menyusuri garis Pantai Ciantir hingga ke sisi lain pantai ini, Anda dapat dengan mudah menemukan Pantai Tanjung Layar yang terkenal dengan keunikan karangnya.

Bila tiba di pantai ini, Anda akan segera tahu mengapa pantainya disebut Pantai Tanjung Layar. Di pantai ini terdapat dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Keunikan bentuk karang ini membuat Pantai Tanjung Layar kerap menjadi obyek fotografi yang menarik.

Meski berada di tengah laut, Anda dapat dengan mudah menghampiri dua karang raksasa tersebut apabila air laut sedang surut. Laut menuju karang cukup dangkal, hanya hampir selutut orang dewasa.

Hanya saja harus ekstra berhati-hati karena banyak karang tajam di dasar lautnya yang dapat melukai kaki Anda. Ada beberapa bulu babi di antara karang-karang tersebut. Jalannya juga cukup licin, sehingga berhati-hati saat melangkah.

goaSaat tiba di bawah karang raksasa tersebut, Anda dapat puas berfoto ria. Di balik karang, masih ada hamparang luas karang lain yang melindungi karang Layar tersebut dari ombak. Pemandangan ombak yang menghempas karang penghalang tersebut sangat cantik, cocok sekali menjadi obyek foto.

Di samping pantai, daerah yang dikenal sebagai “daerah seribu gua” ini memang memiliki ribuan gua yang terbentuk karena batuan kapur di pegunungan yang membentang dari Pelabuhanratu sampai Bayah dan Malingping. Di sekeliling kolam laut alam ini terdapat berbagai jenis hewan laut yang biasa menghuni karang. Juga terdapat ganggang hijau di sebagian kawasan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>