Ranu Kumbolo

Cantik ! Itulah kata yang pertama kali terucap ketika memandangi Ranu Kumbolo. Danau yang ada di Gunung Semeru, Jawa Timur ini mampu membuat siapa pun […]

Cantik ! Itulah kata yang pertama kali terucap ketika memandangi Ranu Kumbolo. Danau yang ada di Gunung Semeru, Jawa Timur ini mampu membuat siapa pun yang melihatnya jatuh cinta. Danaunya biru luas dan perbukitan hijau mengelilinginya.Saat mendaki Gunung Semeru yang berada di dua kabupaten sekaligus, yaitu Malang dan Lumajang, pasti anda akan terpaku dengan Ranu Kumbolo. Sebuah danau yang indah, sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.400 mdpl ini merupakan pelepas dahaga bagi para pendaki yang mendaki Gunung Semeru. Dari kaki Gunung Semeru, perjalanan ke Ranu Kumbolo dapat memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Dengan catatan, perjalanannya santai dan tidak buru-buru. Sebuah ciptaan Tuhan yang sangat sempurna. Danau biru luas yang tenang dan memantulkan bayangan yang ada di atasnya.

Ranu-KumboloSebuah danau menyuguhkan eksotisme di tengah pendakian menuju Mahameru, puncak Gunung Semeru, Jatim. Kecantikannya menghapus segala lelah di perjalananjauh ini. Ketika malam tiba, Ranu Kumbolo akan menghadirkan langit dengan taburan bintang. Begit menengok ke langit, tampaklah lautan bintang yang menakjubkan.

Terlepas dari kondisi alam yang indah, Ranu Kumbolo merupakan bagian dari zona inti kawasan konservasi TNBTS. Maka, keasliannya harus dijaga agar tidak rusak. Salah satunya menerapkan aturan berupa larangan aktivitas yang berpotensi mengotori danau dan kawasan di sekitarnya. Bahkan, penebaran ikan ke danau juga dihindari guna menjaga keaslian ekosistem setempat.

Di kawasan Gunung Semeru sebenarnya terdapat beberapa danau, seperti Ranu Pani (Ranu Pane) dan Ranu Regulo yang lokasinya berdekatan. Kondisi Ranu Pani banyak mengalami sedimentasi pada bagian tepi akibat posisinya yang berdekatan dengan lahan pertanian penduduk. Ranu Regulo masih bagus.

Biasanya, Ranu Kumbolo biasa digunakan sebagai kamp bagi pendaki Gunung Semeru. Inilah danau yang menyuguhkan pesona di tengah rute perjalanan pendaki, menuju puncak abadi para dewa “Mahameru”. Kehadirannya mengobati segala jerih payah pendaki setelah cukup jauh berjalan.

Berdiri di Puncak Mahameru dan berdiri di depan Ranu Kumbolo merupakan pengalaman tiada dua. Siapkan stamina Anda mendaki Gunung Semeru dan siap-siap jatuh hati dengan Ranu Kumbolo. (berbagai sumber)

Artikel Terkait: