• -6.153636, 106.792756

Umpan Untuk Mancing Ikan Air Tawar

Umpan Untuk Mancing Ikan Air Tawar

Umpan Untuk Mancing Ikan Air Tawar

Umpan, merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan dalam memancing. Dengan beragamnya jenis ikan air tawar, maka umpan yang digunakan pun juga harus beragam. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan yang cukup bagi para pemancing untuk menentukan umpan yang tepat dalam sebuah target memancing.

Berikut adalah jenis ikan air tawar dan makanannya agar kita bisa menentukan umpan yang tepat untuk mancing ikan di air tawar/ fresh water:

  • Ikan Mas (Carp Fish): Ikan ini tergolong ikan jenis Omnivora, yakni ikan pemangsa segala, baik tumbuh-tumbuhan atau hewan. Di alam liar ikan ini memakan hewan-hewan kecil dan tumbuh-tumbuhan yang terdapat di sekitar habitatnya, seperti cacing dan lumut. Ikan jenis ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat, sehingga jenis makanannya pun menjadi beragam. Makanan ikan mas hasil budidaya yang paling sering kita jumpai adalah pelet.
  • Ikan Nila: Sama seperti ikan mas, ikan nila juga tergolong jenis pemakan segala alias Omnivora. Hewan-hewan renik dan tumbuh-tumbuhan merupakan makanan favorit ikan ini di habitat alam liar. Ketika sudah menjadi ikan hasil budidaya biasanya ikan ini diberi makan pelet dan bekatul.
  • Ikan Tawes: Ikan asli Indonesia ini tergolong jenis ikan Herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Makanan ikan ini berupa rumput-rumputan dan lumut yang menempel di sekitar habitatnya.
  • Ikan Lele (Catfish): Ikan Lele termasuk jenis hewan Karnivora, yaitu pemakan daging. Makanan ikan lele di alam liar berupa binatang renik seperti kutu air, jentik nyamuk, serangga, siput atau keong kecil, dan cacing. Apabila sudah dibudidayakan, ikan lele biasa diberi makan pelet dan limbah peternakan. Jenis ikan ini aktif mencari makan di malam hari.
  • Ikan Patin: Sifatnya mirip dengan ikan lele, yaitu termasuk ikan dasar dan aktif mencari makan di malam hari. Makanannya di alam liar berupa hewan-hewan kecil yang ada di sekitar habitatnya, antara lain ikan kecil, cacing, serangga, udang, dan siput. Terkadang ikan ini juga memakan biji-bijian. Pelet menjadi makanan ikan ini ketika sudah dibudidayakan.
  • Ikan Gurami: Ikan ini masuk didalam golongan ikan pemakan segala, namun setelah ikan ini dewasa cenderung memakan tumbuh-tumbuhan seperti azolla, kangkung, genjer, dan beberapa tumbuhan air lainya. Selain itu ikan ini sering juga diberi makan daun talas, daun pepaya, dan daun ubi kayu. Dapat juga diberi makan pelet.
  • Ikan Bawal: Merupakan ikan idola para pemancing di kolam karena dikenal gesit, sehingga sangat menantang para pemancing untuk menaklukkan ikan ini. Ikan ini termasuk dalam golongan hewan Karnivora. Di perairan bebas, ikan ini memangsa ikan-ikan kecil, udang, atau serangga air. Apabila sudah dibudidaya ikan ini menyukai pelet.

Dengan sedikit ulasan diatas, semoga dapat membantu para pemancing untuk menentukan umpan yang akan persiapkan ketika hendak mancing di perairan air tawar.

(Petunjuk Praktis Memancing Ikan Air Tawar)

10 thoughts on “Umpan Untuk Mancing Ikan Air Tawar

  1. artsenal abidin

    terkadang saya mancing pake lumut yg halus eee ternyata nila merah pada suka biasa saya dapat 4-5 jari, tp ikan nila nda mood utk makan biasanya saya pusing sendiri padahal ikan keliatan dan ngambang kepermukaan air bagemana solusinya…..??????
    sy biasa mancing dekat rumah kawasa perumahan BTP-Telkomas Makassar……tlg konformasi umpan selain lumut, dan cacing……..

    1. Admin Post author

      @Pak Fajar : Kami sarankan kepada bapak untuk bergabung di http://www.iftforum.com, disana ada banyak informasi tentang mancing bukan hanya tips dari para anggota forum, tapi disana juga bapak bisa share pengalaman mancing sampai jual-beli alat pancing. Tidak dipungut biaya pak untuk mendaftarnya alias Gratisss..! Terima kasih.

  2. Allain Budhi S

    saya penasaran banget sama ikan sepat di setu. nyoba mancing eee gak pernah mau makan tu ikan, padahal umpannya dah macem” pernah pake kroto, pernah peke pelet merah, pake cacing juga tapi blm pernah di sambar. paling makan sekali ataw dapet satu ekor trus ikan sepatnya ngambek gak mau makan. mohon rekan-rekan yang ada tips buat umpan jitu mancing ikan sepat, saya di informasikan. terimakasih

  3. arjuna ireng

    kalau mau mancing ikan sepat jangan pake umpan yg berbau amis.
    pakelah lumut yg halus dicampur vaneli dan garam sedikit.gunakan kail karbon biru no1/2.
    dijamin tuh ikan sepat bakal ketagian makan umpan dipancing kita.
    untuk ngumpulin ikan dilokasi pancing taburkan dedak aja.ikan sepat pasti bakalan ngumpul semua disitu.
    PENTING JANGAN MANCING IKAN SEPAT SAMBIL BERDIRI APALAGI BANYAK BERGERAK.
    DIJAMIN IKAN KABUR SEMUA.

  4. dimas akbar

    berbagi tips aja ni,
    kalo mau mancing ikan bawal cuma make belut ja.
    caranya.belut di bkar setengah mateng isi perutnya jangan di ambil or dibersihn di bakar ja langsung.nah kalo udah stengah mateng potong2 ja make perkiraan kita make mata kail ukuran berapa.nah wat lebih bau amis lg tambhin telor bebek mentah.di campur dah tuh.

    nah kalo mau mancing sepat umpannya cuma lumut kalo gk terasi nah tips ya kalo mancing sepat pake mata kail yg ukuran kecil,misalnya ukuran 1, 0,5 atau 0,8
    usahakan memakai benang yg halus jug,

    SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>